Pembelajaran Berbasis Digital, DKC CBP KPP Mojokerto Gelar Pelatihan Jurnalistik Editing Video By Phone

Pembelajaran Berbasis Digital, DKC CBP KPP Mojokerto Gelar Pelatihan Jurnalistik Editing Video By Phone

Jatirejo, NU Online Mojokerto – Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Mojokerto menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik editing video by phone melalui aplikasi kinemaster pada Ahad (12/12/2021).

 

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan anggota CBP KPP se-Kabupaten Mojokerto. Tempat pelaksanaan bertempat di MWC NU Kecamatan Jatirejo dan diawali dengan acara pembukaan yaitu apel sapa kader.

 

Kegiatan apel sapa kader dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan jurnalistik pembuatan video menggunakan handphone melalui aplikasi kinemaster dengan Bapak Agung sebagai pemateri.

 

Pelatihan pembuatan video dimulai pada pukul 10.00 WIB, peserta pelatihan mendapatkan materi tentang pengambilan objek gambar untuk materi yang pertama.

Untuk materi yang kedua peserta langsung mempraktekkan pengambilan video tersebut. Mereka diperkenankan untuk keluar ruangan dalam pengambilan dan diberikan waktu kurang lebih 10 menit lalu kembali masuk ke dalam ruangan untuk menunjukkan hasil dari pengambilan video.

 

Setelah sudah mengantongi beberapa video, peserta diperkenankan untuk mengedit video melalui aplikasi kinemaster dan langsung dipantau oleh pemateri. Pada pukul pukul 12 00 WIB acara telah selesai dan ditutup dengan do’a.

 

Komandan DKC KPP Kabupaten Mojokerto Qomariyatul Latifa mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting di era digitalisasi sekarang ini.

 

“Pelatihan jurnalistik tentang pembuatan video sangatlah penting di era digitalisasi saat ini. Sebagai orang NU kita tidak boleh ketinggalan zaman apalagi anggota IPNU IPPNU dan CBP KPP. Pembuatan video by phone melalui aplikasi kinemaster ini merupakan RTL Diklat jurnalistik,” terang Qomariyatul Latifa.

 

Pembuatan video by phone ini juga mempunyai mempunyai faedah untuk mempermudah teman-teman dalam peliputan. Diharapkan peserta pelatihan bisa menerapkan ilmu yang telah diberikan untuk diterapkan di PAC dan DKC masing-masing.

 

“Semoga kedepannya kegiatan yang ada di PAC dan DKAC bisa diliput dan diupload di YouTube masing-masing pesan,” sambungnya.

 

Meskipun peserta hanya 10 orang tapi tidak mengurangi keantusiasan dan semangat kader CBP KPP untuk tetap istiqamah mengikuti pelatihan. Setelah kegiatan pelatihan ini para kader CBP KPP juga diharapkan untuk membuat video dan itu di upload di IG masing-masing.

 

“Diharapkan kader CBP KPP mengupload karya video di IG masing-masing agar ada outputnya. Nanti juga akan dikasih reward oleh panitia. Harapan saya adalah ilmu ini bisa diterapkan di PAC masing-masing jadi nanti peliputan tidak hanya berita tetapi juga melalui video,” pungkasnya.

 

Kontributor : Mila Agustin