Berjalan 3 Minggu, BMT NU Jatirejo Tunjukkan Peningkatan

Jatirejo, NU Online Mojokerto –

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Nusantara Mojopahit merupakan koperasi simpan pinjam milik Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Jatirejo yang dibawahi oleh BMT Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Mojokerto. BMT Nusantara Mojopahit ini berada di Pasar Dinoyo Kecamatan Jatirejo menjadi aset yang launching pada 31 Maret 2022 dan beroperasi aktif sejak 4 April 2022.

Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Jatirejo H. Ahmad Mansur, S.Pd. menyosialisasikan tentang keberadaan dan mengharuskan warga nahdliyin untuk menyimpan uangnya di BMT Nusantara Mojopahit ini, sebab perekonomian NU dan masyarakat nahdliyin bisa lebih baik. Beliau juga berharap nantinya bisa sukses dan memenuhi target yang telah ditentukan.

Sejak aktif beroperasi, ada 12 nasabah dengan total jumlah tabungan mencapai Rp. 35.000.000,00.- (tiga puluh lima juta rupiah) dan mulai ada yang menabung dari minggu kedua atau 1 minggu setelah aktif beroperasi.

Tetapi belum ada yang meminjam sama sekali, karena proses pencarain yang cukup lama berkisar 1 sampai 2 minggu yang menjadikan nasabah bisa berpindah ke tempat lain karena mungkin bisa saja kebutuhan mereka mendesak. Seperti sewa lahan pertanian yang mengharuskan ada uang dimuka saat menyewa lahan dan untuk tarik tunai pun masih kesulitan.

Bila mana ingin tarik tunai bisa hubungi admin dulu, karena uang dari kas pembantu BMT Nusantara Mojopahit jika sudah terkumpul banyak maka dari pengurus pusat yaitu di BMT Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Mojokerto akan mengambil untuk dibawa dan dijadikan satu di BMT cabang.

Namun dari admin kas pembantu BTM Nusantara Mojopahit sendiri juga mengusahakan agar lebih cepat dan mudah, apalagi ada kader NU ingin meminjam modal untuk usahanya yang membutuhkan modal besar agar dapat segera cair.

BMT sendiri masih berjalan hampir 3 minggu, hasil sosialisasi di safari ramadhan sudah menunjukkan hasil yang luar biasa dengan menduduki peringkat pertama BMT sekabupatem Mojokerto ditingkat mwcnu.

Kontributor: SangHadi

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto