Hukum Membaca Al Qur’an di Trotoar?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tanya Gus … Semoga jenengan selalu dalam lindungan Allah, Amin. Satu Minggu sebelum puasa beredar video gerakan baca quran di malioboro dibaca dengan keras. Di beberapa hari ini, di beberapa tempat berbeda juga muncul gerakan yang sama. Niku pripun? {Masyhari, Gondang}

Jawab :

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Kang Masyhari, membaca pertanyaan jenengan ini menggelitik saya browsing mencari berita dan video yang anda maksud. Saya akan menyampaikan hasil pencarian saya sebagai pembuka dari rangkaian jawaban masalah ini.

Mengutip dari detik jateng, Kamis 31 Maret 2022, Narko Abu Fikri pimpinan gerakan jogja Mengaji menyampaikan ; Gerakan ini adalah spontanitas; tidak lebih dari 10 menit; sebagai bentuk Tasyakuran distribusi 10 ribu Quran di seluruh Indonesia; dan sarana branding BWA (Badan Wakaf Al-Quran)
Quran adalah kalam suci yang harus kita junjung tinggi dan kita hormati. Untuk itulah dalam berbagai kitab dijelaskan etika (adab) membaca Quran. Salah satunya, dalam Kitab Tafsir al-Qurthubi, juz 1 hal 41-42 disampaikan sebagaimana berikut ; Imam Tirmidzi al-Hakim dalam kitab Nawadir al-Ushul berkata : … Termasuk menghormati Al-Quran adalah tidak membacanya di pasar, tempat yang gaduh, tempat bercanda dan tempat berkumpulnya orang-orang bodoh.

Dari nuqilan kitab tersebut, dapat kita pahami bahwa trotoar malioboro tentu memenuhi semua unsur yang di sebut dalam keterangan kitab di atas. Juga termasuk dalam ajaran islam adalah menempatkan segala sesuatu sesuai dengan tempatnya. Trotoar, bagaimanapun juga adalah tempat yang disediakan untuk berjalan kaki, berlalu lalang untuk beraktifitas. Gerakan dengan niat baik, tapi tidak dengan cara yang baik itu tidak akan memberikan hasil yang baik. Seakan-akan kita sedang mengkampanyekan gerakan membaca quran, tetapi ternyata justru mengundang orang untuk mencemooh al-Quran. Maka sebenarnya apa yang dilakukan sebagaiman pertanyaan diatas itu apakah malah termasuk dalam tindakan yang tidak menghormati al-Quran ?

Semoga menjadi keterangan yang bermanfaat, Amin.

Related Posts

NU Online Mojokerto