Home / Lembaga Bahtsul Masail (LBMNU)

Senin, 21 November 2022 - 07:08 WIB

Diskusi Seru Mewarnai Pembukaan Musyawarah Fathul Qorib LBM NU Kecamatan Trowulan

LBM NU (Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama) Trowulan menggelar musyawarah Fathul Qorib di Pondok Pesantren Roudhatul Hidayah, Desa Pakis Kecamatan Trowulan pada Jum’at malam (18/11/2022). Acara dihadiri oleh Rais dan Ketua MWCNU Trowulan, Pengurus LBM, Ketua Ranting dan para simpatisan Bahtsul Masail. Terpantau ada 40 orang turut hadir menyemarakkan kegiatan musyawarah.

Kegiatan dilaksanakan pada jam 19.00- 23.00 WIB. Acara diawali dengan pembacaan qiroah yang dipimpin oleh Zainul Arifin dari Ranting Kejagan. Kemudian disambung dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua MWCNU Trowulan dan Ketua LBM NU Trowulan M. Zainuri (Orang” menyapanya dengan sebutan “Pakde Nuri” ).

Baca Juga:  PAC IPNU IPPNU Trowulan Turut Ramaikan Syi'ar Ramadhan PCNU Mojokerto

Ketua MWC NU Trowulan, Kiai Saiful Hadi, juga menyampaikan sambutan yang memberi motivasi kepada Pengurus LBM NU Trowulan untuk semangat, karena ini baru awal memulai kegiatan rutin Musyawarah Fathul Qorib.

Sambutan kedua, disampaikan oleh ketua LBM NU Trowulan mengharap bimbingan tentang awal pembentukan LBM yang baru dibentuk serta berharap bisa menjadi wadah silaturahmi. Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Kitab Fathul Qorib yang pandu oleh Ustadz Luqman dari LBM MWC NU Kecamatan Puri sebagai moderator dan mushohhihnya Gus Ihsan dan Gus Ghoffar.

Musyawarah Kitab Fathul Qorib malam ini, membahas tentang Muqaddimah Fathul Qorib. Ada hal yang menarik dalam diskusi kali ini tentang beberapa perbedaan makna kata yang dipilih di muqaddimah, pembahasan tentang pentingnya memiliki dasar dalam bertasawwuf, dan ditutup dengan sebuah statement bahwa Muqaddimah jadi bagian penting. Statement tersebut disampaikan oleh Gus Ihsan selaku mushohhihnya.

Baca Juga:  Jama'ah Membludak, Banser Trowulan Amankan Lailatul Ijtima'

Muqaddimah jadi bagian penting analisa dikarenakan sebagai cerminan gaya bahasa dan tata bahasa suatu kitab dari awal hingga akhir sehingga kita akan tahu arah dan dasar dari pengarang kitab. – Gus Ihsan

Kontributor : Moch. Taufiq Zulmanarif LTN NU Trowulan

Share :

Baca Juga

Bahtsul masail

Tunda Talqin Syahadat, LBM Mojokerto: Kufur!

Lembaga Bahtsul Masail (LBMNU)

Lestarikan Tradisi Pesantren, Ranting NU Japan Raya Gelar Musyawarah Fathul Qorib

Lembaga Bahtsul Masail (LBMNU)

Geliat LBM MWC-NU Kecamatan Sooko Menghidupkan Musyawarah Fathul Qarib Plus

Lembaga Bahtsul Masail (LBMNU)

Bolehkah Pinjam Mobil tanpa Mengisi BBM? Ini Hasil Musyawarah LBM Kutorejo