Tutup Pondok Ramadhan, MI Darun Najah Gading Bagikan Zakat Fitrah

Jatirejo, NU Online Mojokerto –

Siswa siswi MI Darun Najah Desa Gading Kecamatan Jatirejo membagikan zakat fitrahnya kepada mustahiq sekitar sekolah. Zakat tersebut diberikan kepada mustahiq absolut dan juga lansia yang diberikan secara langsung oleh siswa siswi MI Darun Najah dari kelas 1 sampai kelas 6.

Diakhir pondok ramadhan, para siswa membagikan zakat dimulai jam 08.00 WIB Jum’at (22/04/2022). Zakat yang sebelumnya sudah terlaksana dengan baik dan terkumpul di sekolah, maka di akhir pondok ramadhan ini, hasil zakat diberikan kepada masyarakat sekitar sekolah, dari pihak sekolah juga sudah menentukan mana yang sangat perlu diberikan zakat.

“Kami berharap bisa melatih kepekaan sosial terhadap kondisi lingkungan yang akhir-akhir ini tergerus oleh banyaknya pengaruh dari luar diantaranya gadget dan lainnya. Melatih agar pelajar bisa berbagi apalagi di bulan suci seperti ini yang juga merupakan kewajiban setiap umat Islam untuk melaksanakan zakat dari yang baru lahir walau lahirnya saat malam takbir,” tutur Nuriyasih, S.Pd.

Para siswa sangat antusias saat membagikan zakat fitrahnya, mereka juga terlihat sangat senang. Setiap siswa membawa satu bungkus beras zakat diberikan kepada masyarakat sekitar MI Darun Najah, bahkan sampai berebutan ingin memberikan kepada masyarakat.

Pondok Ramadhan merupakan kegiatan rutin madrasah, bukan perihal lama atau singkatnya kegiatan namun bagaimana kegiatan seperti ini mampu mendidik anak bisa menjadi lebih baik dan peka terhadap sosial lingkungan mereka. Jadi pembagian seperti ini sangat bagus dengan usia yang masih anak-anak perlu kita mengarahkannya.

Setelah selesai pembagian zakat, para siswa kembali ke sekolah, dan masuk kelas pondok ramadhan. Usai kegiatan, siswa diperbolehkan pulang.

Kontributor: SangHadi

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto