Luar Biasa, Satkoryon Banser Mojosari Gelar Latber dan Wisata

Pacet, NU Online Mojokerto – Satuan Komando Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Mojosari menggelar latihan bersama di tempat wisata bertemakan guyub rukun dalam satu komando pada Sabtu-Ahad (19-20/02/2022). Kegiatan bertema ‘Guyub-Rukun dalam Satu Komando’ dipusatkan di Bumi Perkemahan Fortuna Pacet, Mojokerto.

 

Latihan bersama bernuansa wisata merupakan kegiatan Perdana yang diselenggarakan oleh Satkoryon Banser Mojosari di awal tahun 2022, pada kegiatan tersebut melibatkan kurang lebih 40 peserta.

 

“Kegiatan ini pertama kali di wilayah Mojokerto, Latber sekaligus wisata yang dilaksanakan perdana pada tahun 2022. Pesertanya adalah pengurus Banser Mojosari, ada 40 peserta yang ikut andil dalam kegiatan tersebut,” terang Imam Khoderi Komandan Satkoryon Banser Mojosari.

 

Dijelaskan Imam, bahwa materi dalam Latber tersebut meliputi ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, ngaji Peraturan Organisasi (PO), Peratuan Baris Berbaris (PBB) dan TUB, pengamanan kiai, peraturan lalu lintas, dan Penanggulangan Pesien Gawat Darurat (PPGD).

 

“Ba’da Maghrib pembukaan, dilanjut dengan Ngaji Keanshoran dan dilanjutkan dengan Ngaji PO Kebanseran pada pukul 22.00 WIB ini, pematerinya dari Banser Wilayah yaitu Ndan Najib. Untuk paginya akan dilanjutkan dengan materi PPGD dan Pengamanan Kyai,” ujarnya

 

Ndan Imam menjelaskan latar belakang diadakannya Latber adalah karena Banser Satkoryon Mojosari sudah rindu dengan Diklat

 

“Kami Banser Satkoryon Mojosari sudah rindu dengan Kegiatan Diklat jadi supaya mempererat tali silaturahmi, intinya kumpul-kumpul dan bisa koordinasi serta guyub rukun dalam satu komando,” ungkapnya.

 

Merespons hal itu, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Mojosari Samsul Ma’arif mengungkapkan, Latber ini bertujuan untuk membangun penyamaan persepsi terkait peran dan fungsi masing-masing personil Banser. Baik itu peran taktis di kesatuan maupun peran umum sebagai kader.

 

“Proses ini tidak hanya untuk meningkatkan kecakapan pasukan, namun juga bertambahnya wawasan organisasi. Dan yang paling utama untuk mempererat kekompakan semua personil untuk bersama-sama membangun visi dalam satu keluarga besar PAC GP Ansor Kecamatan Mojosari,” tandasnya.

 

Samsul Ma’arif juga bangga dengan sahabat-sahabat Banser yang sangat luar biasa karena makin solid dan makin kompak saat pelaksanaan Latber.

 

“Setelah diadakannya kegiatan Latber ini diharapkan Banser dapat berkembang biak, yang sudah menjadi peserta dapat mengajak 2 orang untuk ikut ke Banser, 1 di kanan 1 di kiri. Kaderisasi dapat lebih ditingkatkan, karena sudah belajar teng PO dan tertib organisasi jadi Banser tidak asal menerima perintah,” paparnya.

 

Dia juga mengatakan Banser itu prajurit yang dapat memerintahkan prajurit, yang bisa memerintahkan prajurit adalah pimpinannya.

 

“Kita sama-sama bisa meletakkan dan memposisikan Banser itu sebagai pasukan bukan sekedar guyonannya Banser Serbaguna digunakan untuk ini itu macem-macem Prajurit ya prajurit, karena berkhidmahnya di Ansor itu kan juga nuruti dawuhnya Yai. Jadi, tidak boleh melemahkan semangatnya Banser karena prajurit itu ngugemi perintahnya organisasi, karena organisasi tidak asal-asalan, apabila ada kesalahan pasti langsung ada evaluasi, biar tahu posisinya masing-masing,” pungkasnya.

 

Kontributor : Mila Agustin dan Very Dwi S.

Related Posts

NU Online Mojokerto