‘Ngaji-Ngopi’ Bentuk Keistiqomahan GP Ansor Ranting Pungging Adakan Pengajian Kitab

Pungging, NU Online Mojokerto — Gerakan Pemuda (GP) Ansor ranting Pungging mengadakan kegiatan ‘Ngaji-Ngopi’ yang bertempat di Musholla Al-Hidayah Dusun Gebang desa Pungging Kecamatan Pungging.

 

‘Ngaji-Ngopi’ bagian dari majelis dzikir dan sholawat. Pra acara diawali dengan sholawat al banjari dari ranting GP Ansor Pungging. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Syubbanul Wathon, Mars Ansor, dan Mars Banser. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan rotibul atos oleh sahabat M. Sulaiman Afandi, dan diakhiri dengan sholawat habibil maqom. Tepat pukul 20.30 dimulai pengajian rutin ‘Kitab Bahjatul Wa’sail’ oleh Gus Abdul Aziz dari Pondok Pesantren Darul Hikmah Sawahan dan diakhiri ceramah agama oleh KH. Sholeh Qomat.

 

Dalam ceramahnya tersebut kedua kyai senior ini saling melengkapi isi dari pengajian tersebut, yang didalamnya terkandung masalah, ketauhidan dan keaswajaan, serta amaliyah amaliyah dari kandungan kitab tersebut. Kiai Sholeh Qomat juga turut memberikan ijazah agar para jamaah ‘Ngaji-Ngopi’ ini mudah mendapatkan rizki.

 

Sahabat Sulaiman Afandi selaku ketua GP Ansor Ranting Pungging menyampaikan bahwa ‘Ngaji-Ngopi’ ini kegiatan rutin ranting Pungging, sekaligus kajian kitab.

 

“Kegiatan ini rutin diadakan di Desa Pungging dengan tempat berpindah pindah sewilayah desa pungging dengan acara utama pembacaan rotibul atos dan kitab Bahjatul Wa’sail”

 

Beliau juga mengajak agar para mustamiin terutama masyarakat nahdliyin untuk tetap istiqomah mengikuti pengajian, dan kegiatan ini juga efetif untuk menarik kader untuk bergabung bersama GP Ansor.

 

“Konsep kita Ngaji-Ngopi di desain agar lebih santai,setelah ngaji kita ngopi bareng agar teman teman bisa akrab dan tidak mudah jenuh,” tutupnya.

 

Tampak hadir dalam kegiatan ini,sesepuh agama dan tokoh masyarakat Desa Pungging, kader-kader ranting GP Ansor dan banser desa pungging, muslimat,fatayat dan para santri serta jamaah mushollah alhidayah yang menyimak pengajian dengan serius.

 

Kontributor: Khakim A. — LTN Pungging

Related Posts

NU Online Mojokerto