Muslimat NU Puri Gelar Khitanan Massal, 47 Anak Rampung Dikhitan

Puri, NU Online Mojokerto – 

Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU Kecamatan Puri menggelar kegiatan Khitan Massal ke-XII dan Safari Qurban bertempat di Balai Desa Puri pada hari ini Selasa (12/06/2022).

Sejumlah tokoh tampak hadir mengikuti rangkaian kegiatan ini di antaranya Wakil Bupati Mojokerto; Dr H. Muhammad Al-Barra Lc, M.Hum, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Mojokerto, Camat Puri Ibu Nalurita Priswiandini, S.STP., M.Medkom, , sejumlah tokoh NU di Wilayah Kecamatan Puri, Kepala Desa Puri beserta Jajaran perangkat Desa Puri serta tokoh agama dan masyarakat setempat di Desa Puri.

Ketua PAC Muslimat NU Puri, Hj. Aslihatul Mahmudah –yang baru dua minggu kemarin terpilih menjadi Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Mojokerto– menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program rutin tahunan PAC Muslimat NU Puri.

“Ya, kegiatan ini merupakan program rutin tahunan PAC Muslimat NU Puri dan ini sudah masuk yang ke XII. Mudah-mudahan acara ini tetap istiqomah dilaksanakan.” Terang Hj. Aslihatul Mahmudah di suatu kesempatan.

Selanjutnya, ketua Panitia Khitan Massal, Hj. Lasminingsih bersyukur karena peserta yang mengikuti tidak jauh dari target yang telah direncanakan, karena sejumlah 47 peserta khitan telah terdaftar dan hari ini semua mengikuti mengikuti kegiatan ini dari berbagai desa di wilayah kecamatan puri.

“Alhamdulillah, pada hari ini sejumlah 47 anak –peserta khitan massal- dari berbagai desa di wilayah kecamatan Puri hadir untuk melaksanakan khitan. Tentu hal ini tidak jauh dari jumlah yang kita targetkan yakni sejumlah 50 peserta. Terima kasih banyak kepada semua pihak khususnya para donatur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan juga kepada ibu-ibu pengurus Muslimat baik yang ditingkat PAC mau pun Ranting yang telah bekerja sama untuk menyukseskan acara ini.” Terang Hj. Lasminingsih.

Di tempat terpisah Hj. Lilik Muslikah –sekretaris panitia– menjelaskan bahwa semua peserta khitan tampak senang dan bahagia meski akan dikhitan.

“Alhamdulillah, peserta khitan tampak bahagia meski akan dikhitan. Kebahagiaan ini tentu tidak hanya dirasa oleh peserta khitan. Mungkin juga para orang tua dan semuanya juga merasakan kebahagiaan karena selain gratis peserta khitan juga mendapatkan bingkisan, pesangon dan sejumlah hadiah dari para donatur.” Terang Hj. Lilik.

Kebahagiaan juga tampaknya dirasakan oleh Wakil Bupati Mojokerto, Dr. H. Muhammad Al-Barra, Lc., M.Hum atau biasa dipanggil Gus Barra. Dalam kesempatan sambutan Gus Barra merasa senang bisa hadir di kegiatan Khitan Massal ini.

“Saya sangat senang bisa hadir pada acara khitanan massal ini diantaranya karena mengingatkan masa kecil saya. Saya dulu juga seperti itu, ikut khitanan massal. Saya kalau melihat anak-anak yang dikhitan tadi, aduh merinding, membayangkan bagaimana kalau khitannya kebablasan –kelewatan– aduh.” Ungkap Gus Barra mengawali sambutan yang disambut tawa ibu-ibu Muslimat.

“Yang kedua, saya merasa senang karena kegiatan ini tentu sebagai bentuk respon sosial khususnya ibu-ibu muslimat NU di Kabupaten Mojokerto.” Lanjut Gus Barra yang kembali disambut tepuk tangan jamaah.

“Karena ini momennya juga sangat baik, yakni pas Idul Qurban maka semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari momen Idul Qurban di antaranya bisa berbagi kepada sesame.” Tutup Gus Barra.

Pewarta : Fahrul