Kader Ansor Dilantik Menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Desa

Puri, NU Online Mojokerto — Taufik Purwanto, Kader Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Desa Plososari resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Kades Plososari, Ah Rifai dalam acara yang bertajuk Pelantikan Kepala Seksi Pemerintahan (Mutasi Perangkat Desa dalam Jabatan) di Balai Desa Plososari Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto pada Kamis Pagi (20/1/2022).

Prosesi pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan Kasi Pemerintahan tersebut disaksikan oleh Camat Puri, Kapolsek Puri, Danramil Puri, Perangkat desa, BPD, LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan unsur lainnya beserta keluarga perangkat yang dilantik.

 

Ah Rifai Kades Plososari mengawali sambutannya mengucapkan syukur atas acara pelantikan. “Alhamdulillah di awal tahun 2022 ini Pemdes Plososari pada hari ini bisa melaksanakan pelantikan serta pengambilan sumpah perangkat desa, sehingga beberapa kursi perangkat desa yang kosong sudah terisi.”

“Acara ini bisa dilaksanakan melalui proses sejak tahun lalu. Pada saat ini terjadi kekosongan dua posisi jabatan di struktur organisasi dan tata kerja pemerintahan di Desa Plososari. Menimbang hasil rapat BPD beberapa bulan yang lalu pada akhirnya kami memutuskan untuk memutasi jabatan bapak Taufik Purwanto dari Jabatan Kepala Dusun Plosorejo menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Desa Plososari.” terang Ah Rifai.

“Kami rasa saudara Taufik mampu mengemban jabatan untuk ini. Dengan dilantiknya Kasi pemerintahan kami harap dapat membawa perubahan dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga akan menjadi lebih baik.” Lanjutnya.

“Kami juga memohon maaf kepada warga Dusun Plosorejo karena mutasi jabatan ini. Namun selama jabatan Kepala Dusun Plosorejo mengalami kekosongan maka kami tunjuk sahabat Taufik Purwanto sebagai pelaksana tugas (Plt). Kepala Dusun Plosorejo sambil menunggu pengangkatan Kepala Dusun Plosorejo yang baru.” Tutup Ah Rifai

Camat Puri, Ibu Nalurita Priswiandini, S.STP M.Med.Kom turut serta memberikan kata sambutan.

“Mutasi kali ini adalah kegiatan yang biasa saja. Artinya sudah ada dalam Perbub 85 Tahun 2018 bahwa pengisian untuk perangkat Desa bisa dilaksanakan melalui penjaringan dan juga bisa melalui mutasi.” Terang Bu Nalurita.

“Saya lihat dan mungkin Pak Kades juga melihat bahwa Mas Taufik ini cocok dan lebih cocok kalau berada dalam jabatan Kasi Pemerintahan. Bukan berarti tidak kompeten menjadi kepala Dusun tapi ini karena ternyata Desa Plososari membutuhkan Kepala Seksi Pemerintahan yang mumpuni dan pada akhirnya Mas Taufik ini dipandang mumpuni dan bisa menjabat posisi tersebut.” Lanjut Bu Nalurita.

Bu Nalurita juga berpesan meski pun sebenarnya selama kekosongan jabatan di Pemdes ini mas Taufik yang turut serta menjalankan berharap mas Taufik tetap belajar lebih dalam lagi.

“Walau pun sebenarnya selama kekosongan di sini Mas Taufik yang selama ini mengerjakan tapi tidak ada salahnya mempelajari lebih dalam lagi Pekerjaan sebagai Kasi Pemerintahan pasa Perbub 11 tahun 2017, tupoksinya apa saja yang harus njenengan layani.” Pesan Bu Nalurita.

Hal senada dengan Kades Plososari juga disampaikan oleh bapak Mahmud, Kepala Bidang Pemerintahan BPMD Kabupaten Mojokerto yang turut memberikan sambutan. “Pengangkatan mas Taufik Purwanto ini dari kepala Dusun menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Desa Plososari tentu sudah melalui proses sejak tahun sebelumya dan pada akhirnya Mas Taufik Purwanto ini diangkat menjadi Kasi Pemerintahan Desa Plososari karena memang dirasa mampu. Selamat, semoga amanah.” Sambutnya.

Di tempat terpisah, Ketua Ranting GP Ansor Desa Plososari, Sahabat Irwan menjelaskan bahwa Taufik Purwanto merupakan kader GP Ansor yang aktif hingga hari ini.

“Ya. Sahabat Taufik Purwanto adalah di antara kader terbaik kami yang kami miliki. Pengalamannya banyak, pemikiran-pemikirannya seringkali kami butuhkan dan sahabat Taufik ini saya kira layak diangkat menjadi Kasi Pemerintahan Desa Plososari.” Terang Irwan.

“Bicara tentang keaktifan di organisasi GP Ansor sudah tidak perlu diragukan. Di tingkat pengkaderan Sahabat Taufik telah mengikuti tahapan-tahapan mulai dari PKD (Pelatihan Kader Dasar) Tahun 2017, Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Banser tahun 2018 lulus dan bahkan menjadi peserta terbaik kedua.” Lanjut Irwan.

“Sampai saat ini sahabat Taufik menjabat sebagai Kasatkorkel Banser Desa Plososari. Sedangkan di tingkat Kecamatan ia menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kursus dan Pelatihan. Bisa dikatakan sebenarnya Sahabat Taufik ini adalah kader senior kami yang karena saking tawaddhu’nya menyamar berkhidmah di tingkat ranting.” Lanjut Irwan.

“Artinya menyamar itu begini, banyak yang belum diketahui sahabat-sahabat yang lain kalau ia sebenarnya kader senior yang pernah duduk di kepengurusan tingkat Kabupaten tahun 2017. Artinya secara kemampuan sangat layak menjadi pimpinan. Ya itu tadi, saking tawaddhu’nya ia lebih memilih dipimpin daripada memimpin kami.” Terangnya.

“Pada akhirnya selamat untuk Sahabat Taufik Purwanto atas amanah baru yang diemban.” Tutup Irwan.

Kontributor: LTNNU Puri.

Related Posts

NU Online Mojokerto