Kenapa zakat lebih baik melalui amil?

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Tanya Gus … Setahu saya, Zakat itu kan boleh di berikan langsung oleh pemilik. Kalau begitu, keutamaan amil zakat itu apa gus ? {Kang Huda, Pacet}

Jawab :

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Kang Huda, Permasalahan dalam ibadah yang bersentuhan dengan social (philantrophi) adalah terkait verivikasi data obyek sasaran. Zakat misalnya, untuk menentukan seseorang miskin dan tidak, fiqh memberikan batasan yang sangat cair. Orang yang pada hari itu tidak mampu mencukupi kebutuhan kesehariannya berarti dia tergolong berhak menerima zakat. Sebaliknya, jika mampu mencukupi kebutuhan maka tidak tergolong penerima zakat.

Dalam kenyataannya, bisa saja seseorang yang punya rumah bagus, dianggap sebagai orang yang berkecukupan, karena wafatnya suami dan banyak nya hutang yang di tanggung Maka seketika dia menjadi tergolong miskin.

Dengan standar yang sangat cair ini, sangat mungkin seorang pemilik harta zakat akan salah sasaran saat mendistribusikan kewajiban zakatnya langsung pada penerima zakat. Jika tidak tepat sasaran dalam pendistribusian, ini bisa berdampak tidak sah nya zakat yang di tunaikan oleh pemilik harta, sehingga dia terhitung belum sempurna dalam melaksanakan ibadah zakatnya.

Syekh Zainudin al-Malibari dalam kitab Fathul Muin, menjelaskan : Jika penyaluran zakat dilakukan oleh pemilik harta dan salah sasaran, maka zakatnya tidak sah. Meski ia menduga bahwa si penerima berhak menerima zakat. Tapi jika kesalahan pendistribusian ini dilakukan oleh amil maka pemilik harta bebas dari tanggungan ini. Sementara bagi amil, harus menarik kembali zakat tersebut dari sipenerima dan memberikannya pada orang yang berhak menerima zakat.

Oleh karena itu, Pemilik harta hendaknya berhati-hati dalam penentuan penerima zakat, lebih aman jika yang diberikan langsung adalah pada orang yang benar-benar sudah di verifikasi kelayakan nya untuk menerima zakat. Karena jika tidak tepat, maka tidak sah zakat yang sudah dikeluarkan dan wajib menggantinya. Untuk lebih amannya, bayarkan zakat anda melalui Amil Zakat resmi, dengan begitu Pemilik harta akan lebih aman dalam pelaksanaan ibadah zakatnya.

Related Posts

NU Online Mojokerto