JATMAN Kabupaten Mojokerto Gelar Idaroh Syu’biyah

Mojosari, NU Online Mojokerto — Jam’iyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An Nahdliyah (JATMAN) Kabupaten Mojokerto mengelar kegiatan rutinan yang bernama Idaroh Syu’biyah bertempat di Kecamatan Mojosari, Sabtu (19/2/22) .

Kegiatan idaroh syu’biyyah ini merupakan kegiatan rutin yang sudah terjadwal setiap Sabtu Legi, satu bulan sekali mengelilingi setiap kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Kegiatan kali ini berpusat di Masjid Al-Isyroq Kelurahan Sawahan Kecamatan Mojosari.

Kegiatan melibatkan seluruh pengurus cabang JATMAN beserta jamaahnya yang kurang lebih dihadiri sekitar 200 jamaah se-Mojokerto. Kegiatan berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat, mewajibkan jamaah untuk mencuci tangan dan hand sanitizer serta memakai masker pada waktu kegiatan.

Rangkaian acara dimulai setelah subuh diawali dengan khotmil Al-quran oleh shohibul bait dan muslimah wathonah. Kemudian siang hari dilanjut dengan shalat dhuha’ berjamaah dan dilanjut pembacaan surat yasin, rotibul haddad, tahlil, pembacaan sholawat bil maqom disertai dengan santunan anak yatim. Setelahnya disambung dengan pengajian kitab kuning dan ditutup dengan doa oleh KH Masrikhan serta sholat dhuhur berjamaah.

Dalam kegiatan ini dihadiri juga Kyai Haji Maksus Dawam pengasuh pondok pesantren di Kecamatan Jatirejo yang menjadi penceramah dengan membacakan kitab fathul qorib bab shalat jama’ qashar. Kemudian dilanjut membacakan kitab kedua oleh Kyai Haji Iskandar Munir Pacet membaca kitab nurudzolam dengan bab tauhid Hakiki ibadah dan pengajian yang terakhir ditutup dengan kitab kifayatul atqiya’ oleh Kyai Haji Masrikhan bab tanggung jawab ketua terhadap jam’iyah dan jama’ahnya serta bab kesunnahan-kesunnahan, sunnatullah dan sunah Rasulullah serta hukum sunnah.

Kegiatan ini ditutup dengan ramah tamah shohibul bait dan pengurus JATMAN. Kegiatan berjalan dengan lancar dari pagi sampai siang.

Sambutan sekaligus penutup dari pengurus JATMAN Kabupaten Mojokerto menyampaikan bahwa rasa puji syukur dan terima kasih kepada semua jamaah JATMAN yang hadir, dengan protokol kesehatan yang sangat ketat mudah-mudahan acara rutinan ini bisa berjalan dengan baik serta berkelanjutan Ila Yaumil Qiyamah.

Kontributor : Feri/Ndan Supri

Related Posts

NU Online Mojokerto