Ustadz Fathur Rahman, Ketua PC JQHNU Kab. Mojokerto Juarai MTQ Korpri Tingkat Nasional

Ustadz Fathur Rahman, Ketua PC JQHNU Kab. Mojokerto Juarai MTQ Korpri Tingkat Nasional

Musabaqah Tilawatil Quran atau akrab disebut MTQ bagi orang Indonesia adalah istilah yang mulai populer sejak tahun 1955 saat digelorakan oleh tokoh-tokoh NU melalui wadah Jamiyyatul Qurra Wal Huffazh di sela forum Konferensi Asia-Afrika. Kini nama ini pun semakin populer di semua kalangan, termasuk di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang jumlahnya mencapai 4.169.118 orang yang diwadahi oleh KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia). Belum lama ini tepatnya tanggal 12 20 November 2021 telah diselenggarakan event berskala Nasional, MTQ V KORPRI Tingkat Nasional di Kendari Sulawesi Tenggara.

Salah satu putera terbaik Mojokerto, Fathur Rahman turut serta mendapatkan kepercayaan dari Gubernur Jawa Timur bersama dengan Kafilah MTQ KORPRI Provinsi Jawa Timur untuk membawa nama harum Provinsi ini di kancah nasional. Penunjukan ini tidak bersifat instan, namun melalui proses seleksi yang panjang dan berjenjang dari mulai tingkat KORPRI Kabupaten Mojokerto, lalu tingkat Provinsi Jawa Timur sampai ke Tingkat Nasional.

Satu lagi putera terbaik Mojokerto yang turut dalam Kafilah ini adalah M. Suud Amin, Staf Pegawai Kementerian Agama kabupaten Mojokerto dan Rais Majelis Ilmi PC JQHNU Kabupaten Mojokerto yang dalam MTQ ini meraih Juara II Cabang Tahfizh Surat Al Baqarah.

Pria yang akrab disapa Ustadz Fathur ini menambahkan, dalam rangka persiapan menuju ke MTQ V KORPRI Tingkat Nasional ia semakin mengintensifkan latihan dan uji coba secara mandiri maupun terbimbing dari Tim Pembina LPTQ Prov. Jawa Timur di sela kesibukannya sebagai ASN dan berkhidmat di PC JQHNU Kabupaten Mojokerto.

“Untuk yang mandiri, saya sering melibatkan isteri dan anak-anak saya untuk mengasah ketajaman dan kelancaran hafalan murattal saya dengan memberikan pertanyaan secara acak materi hafalan Al Quran saat sedang bercengkrama di rumah disamping saya juga nderes murattal secara mandiri di saat sedang berkendara menuju tempat dinas di SMA Negeri 1 Sooko, lumayan terkadang dapat setengah juz bahkan satu juz, Alhamdulillah” terang pria jebolan Program Master of Arts di King Saud University Riyadh Arab Saudi ini.

Saat pelaksanaan MTQ V KORPRI Tingkat Nasional di Kendari Sulawesi Tenggara kemarin Kafilah MTQ dari seluruh Indonesia ditambah Kafilah MTQ dari Kementerian-Kementerian, BUMN, Lembaga-Lembaga/Badan-Badan Negara tumplek blek di sana. Jelas sekali hajatan nasional dua tahunan ini disiapkan sedemikian rupa. Sudut-sudut kota dan ruang publik penuh dengan baliho MTQ. Venue utama MTQ pun didesain permanen sebagai monumen MTQ dengan menara mercusuar menjulang tinggi ke angkasa sebagai bukti bahwa di tempat tersebut kalamullah didengungkan oleh lisan-lisan para Ahlul Quran.

Semarak syiar Al Quran yang luar biasa ini bergaris lurus dengan prestasi Kafilah MTQ Provinsi Jawa Timur yang berhasil meraih prestasi runner up Juara Umum Nasional setelah di MTQ sebelumnya berada di peringkat ke-9.

“Alhamdulillah atas izin Allah dan doa dari Orang tua, Para Kyai dan Guru serta kawan-kawan semua, salah satu penyumbang poin maksimalnya adalah saya yang ditetapkan Dewan Hakim sebagai Juara I MTQ V Korpri Tingkat Nasional Cabang Tahfizh Al Quran Juz 30, ” ujar Dewan Hakim MTQ Provinsi jawa Timur ini.

Tak ayal Bapak Kepala SMAN 1 Sooko Sutoyo, S.Pd., M.Pd dan Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun turut memberikan apresiasi penghargaan dan bonus bagi para Juara.

“Alhamdulillah, berkah untuk Institusi dan Jamiyyah tempat mengabdi saya dan keluarga saya terutama bagi anak saya yang ke-5 yang baru lahir sesaat saya baru pulang dari Kendari ini, semoga semuanya mendapatkan ridha dari Allah SWT” pungkas alumnus PIQ Singosari Malang ini.