Bekali Ilmu Agama, SMK Ma’arif NU Jatirejo Gelar Pondok Ramadhan 

Jatirejo, NU Online Mojokerto – 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dan penuh ampunan, dan setiap insan manusia pasti berlomba-lomba melakukan kebaikan. Seperti halnya yang dilakukan oleh SMK Ma’arif NU Jatirejo, mengisi kegiatan bulan Ramadhan dengan kegiatan positif bagi siswa-siswi.

Pondok Ramadhan, merupakan kegiatan rutin SMK Ma’arif NU Jatirejo yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Tahun ini, pelaksanaan dilakukan selama 2 hari sejak Senin (25/4) sampai dengan Selasa (26/4). Kegiatan berpusat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif NU Jatirejo.

Dengan jumlah total 314 siswa, kegiatan dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, Senin (25/4) sebanyak 157 siswa, berasal dari kelas 10 Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 1 dan 2, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 1 dan 2, dan Bisnis Daring dan Pemasaran 1. Sedangkan pada hari Selasa (26/04/2022), yakni dari kelas 10 Bisnis Daring dan Pemasaran 2, kelas 11 TKR 1 dan 2, TKJ 1, Bisnis daring pemasaran 2 dengan jumlah kurang lebih 157 siswa.

Pondok ramadhan menjadi kesempatan pemberian pendidikan agama tambahan, materi yang disampaikan seperti, hikmah puasa, ke-NU-an dan aswaja an nahdliyah, serta pentingnya ilmu dan akhlak. Antusiasme siswa nampak saat pemberian materi Pondok Ramadhan, terlihat beberapa siswa menanyakan terkait materi yang disampaikan. Hal ini juga membantu para guru untuk mengukur seberapa jauh kemampuan dan pemahaman siswa, dikarenakan materi ini jarang dipelajari saat pelajaran sekolah normal.

Kegiatan pondok ramadhan dimulai jam 07.00 WIB dengan dilakukannya sholat dhuha terlebih dahulu, dengan imam sholat dluha dan pemateri hikmah puasa oleh bapak Ahmad Fatahilah, S.Pd.I.

Dalam kesempatan ini juga, para siswa diintruksikan untuk membawa zakat fitrah beras 2,7 kg, yang akan dizakatkan dan doakan oleh guru yang bertugas.

Pondok ramadhan ditutup dengan sholat dhuhur berjamaah pada jam 12.00 WIB.

Kontributor: SangHadi

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto