Persiapan Gugah Sahur, Pengurus Masjid Nurul Iman dan Banser Lebak Jabung Membuat Alat Patrol Tradisional

Jatirejo, NU Online Mojokerto – Pengurus Masjid Nurul Iman dan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Anak Ranting Lebak Geneng membuat alat patrol tradisional dari bambu yaitu kentongan, alat tradisional ini sudah jarang digunakan karena anak muda milenial sekarang banyak yang menggunakan sound yang dibawa dengan mobil saat akan membangunkan sahur.

 

Pembuatan kentongan ini dilakukan di rumah sahabat banser Hadi pada Sabtu malam ahad (02/04/2022) pukul 21.30 WIB. Mereka mengambil bambu di belakang rumah sahabat Hadi, setelah mengambil langsung membuat kentongan beberapa biji. Pembuatan ini dikomandoi oleh sahabat Misnadi

 

“Kita lestarikan alat tradisional kentongan dan supaya tidak hilang begitu saja,” ujarnya saat akan datang kerumah sahabat Hadi.

 

Pembuatan ini membuat tetangga penasaran dengan adanya keramain yang dibuat oleh pengurus masjid dan sahabat banser ini, lalu mereka juga ikut membantu membuat kentongan.

 

Harapan mereka yang membuat kentongan ini agar dapat membangunkan masyarakat agar sahur tepat waktu dan juga tetap terlestari budaya lokal ini, alat kentongan mudah – mudahan bisa digunakan sampai akhir ramadhan.

 

Setelah selesai mereka membereskan alat dan mempersiapkan alat untuk digunakan patrol nanti pada pukul 02.00 WIB.

 

Pewarta LTN NU Jatirejo : Sang Hadi

Related Posts

NU Online Mojokerto