Apa Beda Panitia Zakat Dan Amil Zakat?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tanya Gus … Selama ini di masjid lingkungan kami biasanya pada 10 hari kedua bulan Ramadan mulai dibentuk panitia zakat. Panitia Zakat itu apakah sama dengan Amil Zakat ? Matur suwun atas penjelasannya . {Bpk Syahri, Trawas}

Jawab :

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Pak Syahri yang dimuliakan Allah.

Permasalahan zakat di Indonesia sebenarnya punya sejarah yang sangat panjang. Menurut saya, mulai negara ini merdeka sampai tahun 2010 belum ditemukan regulasi yang tepat untuk menghubungan aturan syara’ / fiqh dengan perundang-undangan kenegaraan, termasuk apa yang jenengan tanyakan terkait amil zakat ini.

Nahdlatul Ulama sendiri –melalui forum bahsul masail tingkat nasional-, membahas tentang amil zakat. kalau kita lihat jejak pembahasan bisa kita dapatkan pada Konbes Syuriyah PBNU pada 18 – 22 April 1960, Muktamar NU ke 27 tahun 1984, dan Munas Alim Ulama tahun 1991 memutuskan bahwa panitia zakat itu bukanlah amil, karena amil (sebagaimana di jelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Baijuri I : 294) adalah orang yang di angkat oleh Pimpinan pemerintah (Presiden atau Pengganti (Naib) yang di tunjuk presiden).
UU Nomor 23 Tahun 2011 menurut saya menjadi pintu masuk bagi pengelolaan Zakat yang lebih baik, komprehensip dan lebih menjanjikan bagi perkembangan pengelolaan zakat. Permasalahan tentang amil zakat, bisa di selesaikan secara tepat dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan realitas yang ada. Dalam undang-undang ini di sebutkan bahwa Amil Zakat resmi di Indonesia adalah BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan LAZ (Lembaga Amil Zakat).

Dari paparan penjelasan di atas, Maka Panitia tersebut bukanlah Amil. Agar pengelolaan zakat lebih aman, maka panitia tersebut hendaknya di jadikan amil resmi. Caranya Bagaimana ? Segera jenengan menghubungi pengurus Ranting NU setempat / Pengurus Lazisnu di kecamatan anda, atau menghubungi Pengurus BAZNAS Kabupaten. Kirim nama-nama yang menjadi panitia dan mintakan SK dari Lazisnu / Baznas Kabupaten. Dengan begitu maka panitia yang dibentuk resmi secara aturan negara dan aturan fiqh sebagai Amil.
Semoga menjadi penjelasan yang bermanfaat, Amin.

Related Posts

NU Online Mojokerto