Ansor Puri Songoan di Rumah Makan Rawon Gayeng

Puri, NU Online Mojokerto — Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (MDSRA) PAC. GP. Ansor Kecamatan Puri melaksanakan kegiatan rutin “Songoan” bertempat di Rumah Makan Rawon Gayeng yang beralamatkan di Ds. Brayung Puri Mojokerto pada Kamis Malam (09/12/21).

Songoan adalah kegiatan rutin MDSRA PAC. GP. Ansor Puri yang dilaksanakan tiap tanggala 9 (Sembilan) pada kalender Masehi. Pada kesempatan Songoan kali ini, yang bertindak selaku tuan rumah adalah Ranting GP Ansor Kintelan. Namun pelaksanaannya bertempat di Rumah Makan Rawon Gayeng yang beralamatkan sesuai keterangan di atas.

Acara dimulai tepat pukul 19.30 WIB. Diawali pembacaan Shalawat Nabi oleh grup sholawat MDSRA Ranting Kintelan, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Doa bersama (tahlil) oleh Ketua Ranting NU Kintelan; H. Suadi, sambutan-sambutan, Mauidhah Hasanah oleh Gus Ifan Hafidz putra (alm) KH. Ahmadi Muhsin dan penutup atau do’a.

Tampak hadir pada kegiatan ini; Ketua Ranting NU Desa Kintelan, tokoh masyarakat, tokoh agama setempat dan anggota Ansor se-Kecamatan Puri.

Ketua PAC GP Ansor Puri, M. Tujin Mujianto sebelum memulai sambutannya, ia mengawali dengan memimpin bacaan Surah Al-Fatihah tiga kali yang diperuntukkan kepada (1) saudara-saudara yang terkena musibah Erupsi Gunung Semeru agar semua membaik (2) saudara kandung anggota banser Puri yang meninggal agar diberikan Rahmat dan maghfirah oleh Allah Subhanahu Wata’ala (3) Agar pelakasanaan Konfercab GP Ansor Kab. Mojokerto yang sedianya dilakasanakan pada tanggal 12 Desember 2021 ini bisa berjalan dengan aman, damai dan kondusif serta menghasilkan pemimpin yang amanah.

Berikutnya Tujin menyampaikan hal menarik yang tidak biasa dilakukan di acara songoan. Menurut penuturannya ada yang berbeda pada kesempatan Songoan pada bulan ini, yakni yang biasanya bertempat di masjid, musholla dan pondok pesantren, kali ini bertempat di rumah makan. “Songoan kali ini berbeda dengan biasanya. Biasanya bertempat di masjid, musholla dan pondok pesantren, kali ini bertempat di Rumah Makan. Karena ketidakbiasaan ini juga sempat menimbulkan pertanyaan baik dari internal pengurus harian mau pun anggota yang lain. Namun alhamdulillah semua bisa dimengerti setelah mendapatkan pencerahan dari pengurus Rijalul Ansor Puri.” Kata Tujin di sela sambutannya.

Di tempaat terpisah setelah selesai acara, M. Sofiyul Asrori, Sekretaris Rijalul Ansor (RA) Puri membenarkan bahwa sempat ada pertanyaan baik dari internal pengurus harian mau pun anggota yang lain; “Iya betul, karena tempatnya tidak seperti biasanya, sempat muncul pertanyaan-pertanyaan dan kami dari pengurus Rijalul Ansor Puri bisa merespon dengan cepat memberi pengertian kepada mereka yang bertanya dan Alhamdulillah semua bisa dimengerti dan diterima.” Terang Sofi.

Saat ditanya tim LTNNU Puri tentang apa jawaban pengurus RA terhadap yang bertanya sehingga bisa diterima, Sofi menjelaskan dengan bijak; “Ya kami jawab bahwa kami pernah menerima wejangan dari berbagai pihak termasuk dari asesor akreditasi Ansor yang pada saat itu kami ikuti bahwa setidaknya kegiatan ansor itu jangan melulu di masjid atau musholla saja. Kita harus bisa menjangkau semua tempat yang menarik bagi anak muda. Maka kita dulu juga pernah melaksanakannya di Balai Desa dan saat ini di rumah makan.” Tutur Sofi.

“Bahkan kata Asesor akreditasi saat itu bilang; di perempatan-perempatan jalan pun kalau itu bisa membuat anak-anak muda enjoy ya kenapa tidak?” lanjut Sofi.

“Oleh karena itu kami dari pengurus RA Puri sangat berterima kasih kepada Ranting GP Ansor Kintelan khususnya kepada ketua rantingnya sahabat Saiful Anwar dan Sahabat Budi selaku penasehat GP Ansor Ranting yang kebetulan mereka berdua adalah pengelola rumah makan Rawon Gayeng ini. Terima kasih atas ide yang diberikan kepada kami.” Lanjut Sofi.

“Mengenai ide ini kebetulan juga Ketua Ranting ingin memberikan penghormatan kepada Sahabat Ansor Puri sekaligus tasyakuran atas nikmat yang diberikan berupa rumah makan Rawon Gayeng ini yang baru di buka sekitar beberapa hari yang lalu. Semoga rumah makan ini bisa berkembang dan lancar.” Tutup Sofi.

Acara songoan pada kesempatan ini berjalan dengan tertib, lancar dan sukses dan selesai tepat pukul 22.00 WIB.

Kontributor LTNNU Puri : Fahrul