Turba Ke Lebak Jabung, MWCNU Jatirejo Jelaskan Program Perekonomian NU

Jatirejo, NU Online Mojokerto – 

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jatirejo melaksanakan turba ke ranting-ranting yang dibagi dalam beberapa tim agar lebih cepat selesai, mengingat beberapa hari lagi datang bulan suci Ramadhan.

Pada malam ini, Selasa (22/03/2022) pukul 20.00 WIB Turba MWCNU Jatirejo ke Ranting Lebak Jabung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Bertempat di Masjid Nurul Iman Dusun Lebak Geneng Desa Lebak Jabung.

Turut hadir dari pengurus Banom ranting, Takmir Masjid/Musholla. Turba tim 3 diikuti oleh Imam Ma’ruf (LAZISNU), H. Ahmad Fathoni, S.Pd.I (wakil ketua 1)dan H. M. As’ary, S.Pd.I (wakil sekretaris 2).

Acara turba dibuka oleh ketua ranting Nahdlatul Ulama Lebak Jabung kemudian untuk selanjutnya diserahkan kepada rombongan/jajaran pengurus MWCNU Jatirejo.

H. Ahmad Fatoni, S.Pd.I mengatakan, turba ini adalah silaturrohim kepada ranting untuk menjaga kerukunan dan saling sinkron dalam kegiatan apapun baik di MWCNU maupun ranting.

Beliau juga berpesan untuk menjaga NU, karena banyak yang merongrong. Dengan usia yang hampir 1 abad ini, banyak sekali problem maka perlu kita jaga dan menyelesaikan problem di dalam organisasi.

Turba MWCNU diawali dengan istighosah dan tahlil yang dipimpin langsung oleh Rois Ranting NU Lebak Jabung yaitu Drs. Mahfud.

Pada kesempatan ini juga, jajaran pengurus MWCNU menyosialisasikan Kartu Tanda NU (KARTANU) di Kecamatan Jatirejo sendiri.  Terdapat 11 ribu warga NU yang sudah mempunyai KARTANU. Untuk selanjutnya kalau ada pendataan lagi akan merealisasi di Ranting Lebak Jabung untuk mengikuti foto KARTANU supaya terdata dan lebih mudah mengetahui jumlah warga NU di Kecamatan Jatirejo.

Abah Fatoni juga menambahkan bahwa pentingnya mewakafkan masjid dan musholla dengan nadhirnya Nahdlatul Ulama. “Karena betapa pentingnya musholla dan masjid yang sudah di wakafkan secara perorangan, juga harus di wakafkan secara organisasi untuk menghindari pengambil alihan dari pihak lain.” Tegas wakil ketua 2.

Kemudian dijelaskan juga program perekonomian warga NU, yang dalam waktu dekat akan meresmikan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Nusantara Mojopahit. Program tersebut berfungsi membantu warga NU untuk memberi pinjaman secara syariah, karena pinjaman dari yang lain biasanya memberatkan peminjam. Dengan adanya BMT Nusantara Mojopahit ini semoga bisa meringankan peminjam.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Imam Ma’ruf dari LAZISNU Jatirejo mejelaskan tentang zakat dan koin NU. Untuk zakat supaya bisa mempersiapkan diri menyongsong bulan Ramadhan, jika belum paham bisa bertanya kepada MWCNU. Kemudian untuk koin NU, jika mendapatkan banyak bisa menyisihkan 10% untuk disetor ke MWCNU.

Dan sesi terakhir yaitu sesi tanya jawab dari ranting ke tim turba MWCNU Jatirejo, yang berlangsung dengan saling memberi jawaban dan masukan.

Turba di ranting Lebak Jabung ini ditutup dengan do’a oleh Ustaz As’ary.

Pewarta: SangHadi

Editor: Wahyu Tasya

Related Posts

NU Online Mojokerto