Terakhir, PAC Muslimat dan Fatayat NU Jatirejo Tutup Giat Safari Ramadhan di Lebak Jabung

Jatirejo, NU Online Mojokerto –

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat dan Muslimat NU Jatirejo melaksanakan Safari Ramadhan kelima atau terakhir yang bertempat di TPQ / Musholla Nurul Falah Desa Lebak Jabung, Rabu (20/04/2022) pagi.

Acara tahunan ini berlangsung selama bulan suci Ramadhan dengan tempat berpindah dari ranting ke ranting dan kini telah memasuki hari terakhir safari ramadhan.

Safari Ramadhan di Lebak Jabung ini berjalan seperti biasanya, kali ini, dihadiri sekitar 170 anggota yang terdaftar dalam daftar hadir dan ada pula langsung masuk tanpa mengisi daftar hadir. Antusias yang tinggi membuat musholla pun sampai penuh sesak, hingga menggunakan Gedung TPQ untuk menampung jamaah.

Sebelum masuk ke lokasi acara, anggota Muslimat maupun Fatayat diperkenankan untuk mengisi daftar hadir guna mendapatkan bingkisan.

Safari Ramadhan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian pembacaan istighosah, tahlil, dan sholawat, lalu dilanjutkan dengan sambutan – sambutan.

Sutarmi, Ketua PAC Muslimat Jatirejo mengimbau untuk setiap ranting Muslimat harus mempunyai papan plakat Muslimat yang terpasang di depan rumah ketua Muslimat masing – masing ranting.

Dalam kegiatan ini, juga terdapat pemberian kenang-kenangan dan serah terima jabatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat oleh Hj. Supartin kepada Ibu Sutarmi.

Anik M. K., S.Pd. Ketua Fatayat NU Jatirejo memberikan intruksi kepada sahabat Fatayat yang hadir dalam giat kali ini. “Untuk sahabat Fatayat, dalam rangka menyongsong Harlah Fatayat dimohon untuk memasang bendera Fatayat dari tanggal 20 sampai 26 April. Sebagai puncak acara Harlah Fatayat, tiap ranting harus ada 1 majelis untuk Khotmil Qur’an dari pagi sampai khatam. Lalu pada tanggal 26 April, dilaksanakan pelantikan pengurus PAC Fatayat, saya mohon kerja samanya semoga bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Uswatun Hasanah, S.Pd., selaku pengurus Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dari Muslimat Jatirejo menyampaikan, SK Amil Zakat sudah jadi dan sudah bisa diambil, demi mengesahkan zakat fitrah maka harus punya SK amil.

Acara inti dari Safari Ramadhan yakni ngaji kitab oleh Ibu Nyai Siti Muawanah sekaligus do’a penutup oleh beliau.

Kontributor: SangHadi

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto