Teguhkan Mengabdi ke NU dan NKRI, PC Pagar Nusa NU Kabupaten Mojokerto Gelar Peringatan Harlah ke-36 dan Baiat Bersama

Sooko, NU Online Mojokerto – Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Kabupaten Mojokerto gelar Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-36 dan Pembaitan Keanggotaan pada Ahad (30/01/2022) bertempat di Wisma PC NU Kabupaten Mojokerto, Jalan R.A Basuni, Desa Japan, Kecamatan Sooko.

Terpantau ratusan pendekar Pagar Nusa hadir dalam forum pembaitan keanggotaan PSNU Pagar Nusa. Mereka berjanji setia menjadi benteng ulama dan Indonesia dengan tetap mengedepankan akhlakul karima dan ajaran ahlusunnah wal jamaah an-nahdliyah.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda, Sedakab Mojokerto Teguh Gunarko, Pengurus Wilayah (PW) PSNU Pagar Nusa Jawa Timur (Jatim), pengurus NU beserta banom dan lembaga.

Ikrar yang disampaikan untuk senantiasa meneguhkan diri dalam mengabdi di Nahdlatul Ulama (NU) dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar pendekar.

“Harlah dan pembaitan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar-pendekar,” ungkap Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kabupaten Mojokerto M. Buddy Mulyo.

Dalam kesempatan yang sakral tersebut para pendekar Pagar Nusa juga menampilkan atraksi ilmu kanuragan mereka. Aksi yang mereka tampilkan diantaranya memegang mercon dengan hulu ledak tinggi, atraksi silat diatas panggung dan unjuk kekebalan dari serangan senjata tajam.

Aksi atraksi dan simulasi PSNU Pagar Nusa tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat dan tradisi perguruan sekaligus melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya silat Nahdlatul Ulama yang baik dan benar.

“Bagi kami, yang paling utama dalam Pagar Nusa adalah menjaga akhlakul karimah dan kesopanan,” tandas Ketua PW PSNU Pagar Nusa Jatim Abdul Muchid.

Acara dipungkasi dengan istighosah, pembacaan do’a bersama dan pemotongan tumpeng.

 

Kontributor : LTN NU Kabupaten Mojokerto

Related Posts

NU Online Mojokerto