Songoan Rijalul Ansor Puri, Ketua PAC GP Ansor Puri: Apapun kondisinya, Songoan Tidak Boleh Libur Dan Harus Dilaksanakan Tanggal Sembilan

Puri, NU Online Mojokerto – Majelis Dzikir Rijalul Ansor Kecamatan Puri menjalankan kegiatan Forum Rutinan Songoan bertempat di Gedung Pertemuan Desa Balongmojo Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto pada Rabu malam, (09/03/2022).

Fandi Ahmad, Ketua Panitia lokal Balongmojo yang sekaligus sebagai Anggota Pengurus Ansor di Tingkat Kecamatan Bidang Kaderisasi, menyampaikan bahwa ada yang berbeda dalam penyelenggaraan kegiatan songoan kali ini. “Ya, untuk acara Songoan kali ini kami mencoba untuk berkolaborasi dengan adek-adek IPNU-IPPNU di Kecamatan Puri yang kebetulan kemarin juga akan membuat kegiatan peringatan Harlah IPNU-IPPNU yang (ke-68 dan ke-67) sekaligus juga bertepatan dengan Harlah Al-Khasaniyyah Indonesia dan Hongkong (Ke-12 dan ke-1) yang dimotori oleh Dr. M. Ali Rohmad.” Terang Fandi Ahmad.

“Karena acaranya hampir bersamaan dan kesemuanya dilaksanakan di Balongmojo maka muncullah kegiatan seperti yang tertulis pada banner tersebut; HARLAH IPNU-IPPNU (KE-68 & KE-67), HARLAH AL-KHASANIYAH INDONESIA & HONGKONG (KE-12 & KE-1) serta SONGOAN (MAJELIS DZIKIR DAN SHOLAWAT RIJALUL ANSOR KECAMATAN PURI).” Terang Fandi.

M. Tujin Mujianto selaku Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Puri dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Balongmojo atas tempat yang telah disediakan. “Terima Kasih kepada Pemerintah Desa Balongmojo yang telah memperkenankan kami untuk berkegitan di tempat ini.” Ucapnya.

M. Tujin Mujianto juga menyampaikan beberapa hal, di antaranyaTerkait acara Songoan. “Pertama, terkait Songoan yang merupakan kegiatan rutin Rijalul Ansor Kecamatan Puri ini perlu kami tegaskan bahwa apa pun kondisinya kegiatan ini harus tetap dilaksanakan, tidak boleh libur dan harus di tanggal Sembilan. Karena kalau diajukan atau dimundurkan maka kurang afdlal. Masak acara Songoan kok dilaksanakan tidak di tanggal 9? bisa jadi sepuluhan, ya kurang Afdlal.” Tegas Ndan Muji, panggilan Ketua PAC GP Ansor Puri.

“Bahkan saat santer-santernya Covid dulu kita tetap melaksanakannya secara virtual.” Lanjut Ndan Muji.

“Bukan apa-apa, kami hanya ingin menegaskan bahwa ini merupakan pesan dari senior-senior penggagas acara Songoan yang keramat ini. Alhamdulillah dari enam tahun lalu dari tahun 2017 hingga saat ini acara Songoan tidak pernah libur.” Lanjut Ndan Muji disertai sambutan tepukan tangan dari hadirin pertanda apresiasi.

“Makanya kemarin dari adek-adek IPNU-IPPNU dan Panitia lokal di Balongmojo ketika menyampaikan kepada kami untuk berkolaborasi dalam kegiatan maka kami menyambut dengan senang hati. Kami siap asalkan pelaksanaannya di tanggal Sembilan. Dan Alhamdulillah terselenggaralah kegiatan pada malam hari ini. Terima Kasih atas kolaborasi yang baik pada kegiatan ini.” Lanjut Ndan Muji.

Ndan Muji juga menyampaikan pesan kepada H. Muhammad Albarra (Gus Barra, Ketua PC GP Ansor Kab. Mojokerto) agar memberikan motivasi kepada kader-kader Ansor khusunya kader-kader ansor di Ranting Balongmojo agar semangat kader lebih menyala.

“Yang Kedua, Ansor adalah wadah perkumpulan pemuda yang tidak perlu diragukan kemampuannya dan kontribusinya. Untuk itu kami memohon kepada Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto untuk memberikan semangat, dukungan, motivasi, edukasi kepada pemuda-pemuda Ansor umumnya kepada Pemuda Ansor di Kabupaten Mojokerto dan khususnya kepada Pemuda-pemuda Ansor Puri dan lebih khusus lagi kepada Pemuda-pemuda Ansor di Balongmojo yang akhir-akhir ini sepi peminat.” Pungkas Ndan Muji.

Acara berjalan sukses meski hujan deras dari sore hari hingga malam saat acara berlangsung di wilayah Kecamatan Puri. Tampak Hadir tamu undangan dalam Kegiatan ini H. Muhammad Albarra (Ketua PC GP Ansor Kab. Mojokerto/Wakil Bupati Kab. Mojokerto), Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Puri dan Kepala Desa Balongmojo beserta jajarannya.

Kontributor: Fahrul Irwan Alif

Related Posts

NU Online Mojokerto