Safari Ramadhan, MWCNU Puri Harapkan Ranting Plososari Mampu Pertahankan Aset

Puri, NU Online Mojokerto – 

Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Puri melanjutkan Agenda Safari Ramadan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pada Malam ketiga belas Ramadan ini lokasi yang dikunjungi oleh Tim Safari Ramadan MWCNU Puri adalah Ranting NU Desa Plososari yang bertempat di Masjid Hidayatul Muttaqin Dusun Rejosari Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Kamis Malam (14/04/2022).

Kegiatan Safari Ramadan ini sejatinya sudah dimulai tanggal 8 Ramadan. Pengurus MWCNU Puri membagi dua tim dari jajaran syuriyah dan tanfidziah untuk bertugas menyampaikan program-program PCNU Kabupaten Mojokerto sampai ke tingkat anak ranting.

Dalam kesempatan safari Ramadan kali ini tampak hadir dan yang bertugas adalah Tim 1 yang terdiri dari; (1) KH. Ahyat Nasrulloh (Syuriyah MWCNU) (2) Drs. H. Saifuddin Ar. (Ketua Tanfidziyah) (3) H. Slamet (BMT), (4) Muarif (Koin NU/Lazisnu) dan (5) Fathur Rozi (wakaf).

Antusias warga NU tampak terlihat dalam kegiatan ini. Usai salat tarawih berjamaah, semua jamaah berkumpul di serambi masjid untuk mengikuti acara seremonial Safari Ramadan. Tidak hanya dari Pengurus Ranting maupun Pengurus Anak Ranting NU namun juga warga NU setempat sekitar 80 jamaah memadati serambi masjid.

Ustaz Ali Mashuri, Pengurus Masjid Hidayatul Muttaqin sekaligus pengurus Ranting NU Desa Plososari membuka acara seremonial. Dilanjutkan sambutan dari Ustaz Masduqi (Plt. Ketua Ranting NU Desa Plososari).

Ustaz Masduqi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran MWCNU Puri yang telah hadir membersamai warga NU Desa Plososari.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada jajaran MWCNU yang telah hadir ditengah-tengah kami untuk bersilaturahmi dan sosialisasi terkait program-program NU Kabupaten Mojokerto umumnya dan program-program MWCNU Puri khususnya.” Sambut Ustaz Masduqi.

“Mohon maaf atas hal-hal yang kurang berkenan dari kami.” Tutup Ustaz Masduqi.

Selanjutnya dari jajaran MWCNU Puri yang tergabung di Tim 1 secara berurutan menyampaikan program-programnya.

Ketua MWCNU Puri, H. Saifuddin Ar. memberikan gambaran secara umum terkait program-program MWCNU Puri yang meneruskan program-program dari PCNU Kabupaten Mojokerto di antaranya terkait Baitul Mal wat Takmil (BMT), Wakaf, dan Koin NU.

“Alhamdulillah sore tadi (14/04/2022) BMT MWCNU Puri telah diresmikan. Melalui forum ini kami ingin menyampaikan kepada warga NU untuk bersama-sama mengembangkan ekonomi masyarakat mau pun organisasi melalui BMT ini.” Tutur H. Saifuddin.

“Sekarang kita mempunyai BMT yang berlokasi di Kantor MWCNU Puri, mari kita manfaaatkan untuk kepentingan bersama baik penyimpanan mau pun pemanfaatan.” Ajak H. Saifuddin.

Selanjutnya Ustaz Fatkhur Rozi, pengurus Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) NU Puri menyampaikan hal-hal terkait perwakafan. Dalam salah satu sambutannya Ustaz Rozi menyampaikan apresiasi kepada Pengurus Ranting NU Desa Plososari karena dari proses sementara yang berjumlah 25 wakaf yang menuju BHPNU (Badan Hukum Perkumpulan Nahdlatul Ulama), 20 diantaranya adalah dari Ranting NU Desa Plososari dan ini merupakan prestasi dan perlu dicontoh ranting-ranting yang lain.

Ustaz Rozi juga menyampaikan pentingnya BHPNU. “Perlu kami sampaikan hal penting terkait legalitas Waqof Masjid dan Musholla agar segera di BHPNU-kan.” Terang Ustaz Rozi.

“BHPNU itu hadirin Badan Hukum Perkumpulan Nahdlatul Ulama. Jadi masjid atau musholla yang sudah ber-BHPNU insyaallah selamanya akan aman, tidak sampai di kemudian hari direbut oleh kelompok-kelompok di luar kita. Oleh karena itu monggo masjid-masjid dan musholla -musholla yang belum monggo segera diopeni (diurus).” Tutup Ustaz Rozi.

Kontributor: Fahrul – LTN Puri

Related Posts

NU Online Mojokerto