PR IPNU IPPNU Desa Bejijong Gelar Ayo Ngaji Posoan

Trowulan, NU Online Mojokerto – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sibuk untuk berlomba-lomba melakukan amal ibadah kebaikan. Salah satunya adalah ngaji kitab kuning, yang seringkali menjadi bagian sebelum berbuka puasa maupun setelah salat terawih.

 

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PR IPNU IPPNU) Desa Bejijong menyelenggarakan kegiatan “Ayo Ngaji Posoan” Ramadhan 1443 H. Sabtu malam (09/04/2022). Kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren (PONPES) Al-Istiqomah Bejijong di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan.

 

Kegiatan akan rutin dilaksanakan selama bulan ramadhan dan dilaknsakan setelah salat terawih. Kegiatan yang selalu ramai dihadiri oleh anggota PR IPNU IPPNU Desa Bejijong maupun anggota ranting desa lain. Kurang lebih sekitar 50 orang yang selalu rutin hadir untuk ikut kegiatan yang diselenggarakan.

 

Pemateri “Ngaji Pososoan” yakni Ahmad Nurul Qolbi (Waka Departemen Dakwah PAC IPNU Trowulan dan Alumni PR Bejijong) dan Nasrullah Nuril H. (Dewan Pengasuh Pondok Al-Istiqomah). Pemilihan kitab serta penyampaian materi yang enak menjadi daya tarik tersendiri.

 

Ahmad Nurul Qolbi menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menambah wawasan ke islaman di era ramadhan. Kitab yang dipilih disesuaikan dengan tujuan tersebut yakni kitab Aqidatul Awwam dan Mawaidz Usfuriyyah. Kedua kitab ini sangat cocok untuk digunakan untuk pengajian kilat selama bulan ramadhan. Kitab Aqidatul Awwam yang bisa memperdalam kembali keimanan kita ditambah dengan kitab Mawaidz Usfuriyyah yang membahas 40 hadits-hadits motivasi yang sanadnya langsung ke Rasulllah menjadi kombinasi yang pas.

 

Pembahasan kitab dilaksanakan dengan saling

bersilangan agar tak membuat bosan para santri kilat yang hadir. Kegiatan yang dilaksanakan berkisar 30 menit-60 menit dalam setiap sesinya. Karena kegiatan ini diharapkan menjadi ngaji yang senang namun tak memberatkan sehingga banyak menarik minat anggota ranting Desa Bejijong maupun ranting desa lainnya. Mari berlomba-lomba untuk meraih ladang pahal berlipat ganda di bulan penuh berkah.

 

Kontributor : Moch. Taufiq Zulmanarif (LTN NU Trowulan)

Related Posts

NU Online Mojokerto