Pawai Takbir Keliling Kolaborasi Nahdlatul Ulama dan Desa Bendunganjati

Pacet, NU Online Mojokerto-

Ratusan santri dari taman pendidikan Al Quran (TPQ), Madrasah Diniyah (Madin), serta santri dari Pondok Pesantren ramaikan takbir keliling yang diadakan oleh pemerintah Desa Bendunganjati bersama dengan tokoh agama Desa Bendunganjati (01/05/22).

Terlihat antusiasme tinggi dalam menyambut hari kemenangan dengan pawai takbir keliling dalam rangka menyambut Idul Fitri 1443H walau kegiatan ini sempat absen dua tahun akibat pandemi COVID-19. Dalam perayaan pawai takbir keliling ini pemerintah Desa Bendunganjati berkolaborasi dengan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) untuk menggelar pawai takbir keliling. Dengan melepas ratusan santri dari tiap TPQ, Madrasah Diniyah dan Pondok pesantren yang ada di Desa Bendunganjati.

“Alhamdulilah bisa terlaksana kembali setelah dua tahun, ramai sekali diikuti oleh ratusan anak-anak dari TPQ, Madin dan Ponpes.” Jelas Sutrisno, Ketua NU Ranting Bendunganjati.

Terhitung terdapat ratusan peserta didik yang ikut dalam pawai takbir keliling ini yang berasal dari tujuh taman pendidikan AL Quran (TPQ), empat madrasah Diniyah dan dua Pondok Pesantren yang tersebar di Desa Bendunganjati. Pelepasan peserta dibagi menjadi  dua titik yaitu, dari Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Dusun Pringwulung dan Pondok Pesantren Al Istiqomah 2 Dusun Merak berkumpul di Pujasera Desa Bendunganjati.

“Bendunganjati mempunyai tradisi dalam takbir keliling yaitu mengumandangkan takbir empat arah di tujuh Masjid di setiap Dusun.” sambung Sutrisno.

Menambah kemeriahan Takbir Keliling Pemerintah Desa juga membagikan ribuan kupon untuk para peserta yang hadir dengan puluhan doorprize yang dibagikan.

“Ada sekitar 700 kupon untuk anak-anak dan 300 untuk ibu PKK.” jelas Dadang Saifudin Kepala Desa Bendunganjati.

Selain kupon undian berhadiah pawai takbir keliling ini juga disediakan hiburan berupa pesta kembang api, panggung hiburan, pawai soundsystem menambah kesemarakan dalam menyambut hari raya Idul fitri.

“Kami juga menyediakan antar jemput bagi peserta yang ikut, semoga dengan diselenggarakannya acara ini yang 2 tahun terhenti menjadi moment yang berharga untuk menyambut Idul Fitri esok” jelasnya.

 

Pewarta: Erik (LTNNU Pacet)

Editor: Etika Nurmaya

Related Posts

NU Online Mojokerto