Mengikuti Ponrom di YPKS MIFDA Trowulan, Putri Ketua Fatayat NU Kabupaten Mojokerto Kaget dengan Padatnya Kegiatan

Trowulan, NU Online Mojokerto – Memasuki minggu ketiga Pondok Romadhon YPKS Miftachul Hidayah (MIFDA) yang diasuh oleh Gus Zudur Robithoh kedatangan peserta baru. Mereka adalah dua putri Ning Itha Syamsiah, ketua PC Fatayat NU Kabupaten Mojokerto.

 

Pondok ramadhan yang dikemas dalam pembelajaran sambil mukim selama 40 hari ini dibuka sejak hari Rabu tanggal 23 Maret 2022. Acara pembukaan dibagi dua sesi. Sesi pagi pukul 08.00-09.00 dihadiri santri dan wali santri KB,TK dan MI. Sesi kedua ba’da isya’ dihadiri oleh santri dan wali santri TPQ, MADIN, PONPES, MTs, dan SMK.

 

Untuk santri KB,TK,MI,TPQ kecil tidak berlaku kewajiban mukim, hanya santri TPQ besar(kelas 3 keatas), Madin, Ponpes, MTs, dan SMK yang wajib mukim.

 

Kegiatan selama ponrom sangat padat terjadwal sejak subuh hingga sahur. Kegiatan dibagi menjadi lima waktu berdasarkan sholat fardhu. Setiap waktu berisi kegiatan yang berbeda-beda. Seperti waktu subuh berisi mengaji, setor hafalan, dan mengaji kitab. Waktu dhuha mengaji Al-Qur’an, murojaah hafalan, sorokan kitab kuning, dst. Di akhir ponrom nanti akan ada munaqosah dari setiap kegiatan yang diprogramkan.

 

Hal inilah yang membuat tertarik sahabat Itha untuk mengikut sertakan kedua putrinya dalam pondok romadhon.

 

Seperti dikatakan Ibu sa’diah wakil panitia Pondok Romadhon mereka sempat kaget dengan padat dan ketatnya jadwal pembelajaran.

 

“Nggih,peserta dari luar pondok seperti anaknya ketua fatayat niku mbak Itha Syamsiah kaget dengan model ponrom ten mriki”.

Kontributor LTN NU Trowulan : Masruroh

Related Posts

NU Online Mojokerto