Menelisik Masjid Berbentuk Kapal Pesiar di Tengah Hutan Kecamatan Pacet

 

Pacet, NU Online Mojokerto –

Pacet mempunyai banyak hal unik di dalamnya salah satunya adanya masjid berbentuk kapal pesiar yang menepi kokoh di hutan yang rimbun.

Masjid Ar Rahman, tepatnya berada di Dusun Belor, Desa Kembangbelor, Pacet, masih satu wilayah dengan Villa Durian Doa Yatim Sejatera, merupakan tempat menampung anak-anak yatim dan duafa.

Masjid yang berdiri kokoh ini mempunyai 5 lantai dengan luas 45 x 25 meter persegi, memiliki bentuk sangat mirip dengan kapal pesiar baik dari luar dan dalamnya.

“Punya 5 lantai, lantai 1 untuk asrama putri, lantai 2 untuk beribadah, lantai 3 sebagai aula, lantai 4 dan 5 untuk tamu,” jelas Ketua Vila Durian Doa Yatim Sejahtera, Muhammad Mukhidin, Selasa (19/04/22).

Masjid ini dibangun selama 5 tahun dari 2016 sampai dengan 2021 menghabiskan dana mencapai Rp 2,5 Miliar yang meliputi pembangunan bangunan dan menata interior dalam bangunan.

“Meliputi pembangunan masjid, interior dan fasilitas penunjang yang lain,” jelasnya.

Interior dalam masjid kapal Ar Rahman ini dibuat sedetail mungkin mirip dengan kapal aslinya, seperti tempat sholat dan imam didesain mirip dengan ruang kemudi sebuah kapal.

“Ada setir kapal asli, kompas, monitor atau radar kemudi, jangkar, pelampung dan lukisan bernuansa laut,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa Masjid Ar Rahman yang merupakan bagian dari Vila Durian Doa Yatim Sejaterah bukan hanya sebagai tempat panti asuhan juga menampung beragam penyandang masalah sosial yang tidak hanya muslim.

Kontributor: LTN NU Pacet

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto