Malam Pitulas, Lazisnu Puri Ajak Seluruh Elemen NU Puri Buka Bersama 

Puri, NU Online Mojokerto – 

UPZIS Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Puri mengadakan buka puasa bersama dengan seluruh elemen-elemen NU se-MWCNU Puri, mulai dari jajaran pengurus MWC NU, lembaga, dan banom yang ada di MWC NU Puri. Kegiatan ini bertempaat di Gedung MWCNU Puri yang beralamatkan di Jalan Raya Mlaten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Senin petang (18/04/2022).

 

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk komitmen dari awal bahwa setiap malam pitulas (malam tanggal 17), UPZIS LAZISNU MWC NU Puri akan selalu mengumpulkan pengurus MWC NU, lembaga, dan banom. Acara ini sudah dilaksanakan ketiga kalinya. Namun, dan khusus untuk bulan ini karena bertepatan dengan bulan Ramadan maka acara malam pitulasan dikemas dengan acara buka bersama.

 

Karena kegiatan bersamaan dengan Nuzulul Qur’an maka tingkat kehadiran undangan kurang maksimal. Tampak hadir perwakilan dari Pengurus Ranting Ketemasdungus, Ranting Medali, perwakilan dari IPNU dan IPPNU, serta beberapa pengurus UPZIS LAZISNU MWC NU Puri. Acara sedianya dilaksanakan pada pukul 16.00 baru bisa dimulai pukul 17.00 WIB.

 

Dalam sambutannya, ketua UPZIS LAZISNU MWC NU Puri, Ustaz Zainul Maskhod atau biasa disapa dengan sapaan Bang Jay mengatakan bahwa acara ini akan dilakukan terus secara istiqomah setiap malam pitulas. “Sebagai bentuk komitmen bersama bahwa setiap malam pitulas (malam tanggal 17), UPZIS LAZISNU MWC NU Puri akan selalu mengumpulkan pengurus MWC NU, lembaga, dan banom, maka acara malam pitulasan akan dilakukan terus secara istiqomah.” Kata Bang Jay.

 

Bang Jay menjelaskan bahwa Lazisnu adalah lembaga teristimewa. “Lazisnu adalah lembaga teristimewa di dalam tubuh NU. Kalau mislnya IPNU-IPPNU yang direkrut menjadi anggotanya adalah usia pelajar, Ansor dan Fatayat yang direkrut adalah para pemuda dan pemudi, Muslimat yang direkrut para ibu-ibu, maka di Lazisnu anggotanya bisa semuanya, baik itu dari pelajar, pemuda sampai dengan yang tua pun boleh menjadi anggota lazisnu. Ini yang kami maksud bahwa Lazisnu itu lembaga teristimewa di tubuh NU.” Lanjut Bang Jay.

 

Setelah sambutan dari ketua UPZIS LAZISNU MWC NU Puri, dilanjutkan dengan pembacaan istighotsah oleh Gus Romly anggota UPZIS LAZISNU MWC NU Puri,

 

Karena waktu sangat singkat menjelang waktu berbuka, maka setelah pembacaan istighotsah langsung dipimpin doa. Acara selesai tepat pukul 17.30 WIB bertepatan pula dengan waktu maghrib atau berbuka puasa.

Kontributor: Fahrul – Puri

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto