Warta  

LKKNU Kabupaten Mojokerto Bekerjasama dengan Kesra Gelar Pembinaan Pencegahan Pernikahan Usia Dini bagi Remaja

NU Online Mojokerto – Bertempat di Gedung pertemuan Kantor Kecamatan Gondang, pada hari Rabu, 17 Mei 2023 , Pengurus Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan bidang Kesra Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pencegahan Pernikahan Usia Dini bagi Remaja.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa siswi dari Lembaga Pendidikan baik Negeri maupun Swasta di Wilayah Kecamatan Gondang .

Bermula dari keprihatinan atas fenomena maraknya peristiwa nikah anak di Kabupaten Mojokerto dan salah satu nya adalah Kecamatan Gondang, maka Pengurus Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kab. Mojokerto menjalin Kerjasama dengan banom banom di lingkungan PCNU kabupaten Mojokerto juga instansi pemerintahan antara lain Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto, Pengadilan Agama Mojokerto dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya PC. LKKNU Kab. Mojokerto ikut menyukseskan program pemerintah dalam upaya menurunkan tingginya angka Stuting di masyarakat yang salah satunya dipicu oleh tingginya peristiwa nikah Anak/ Nikah di Usia Dini.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh ibu Bupati Mojokerto, dr. Ikfina Fahmawati, M.Si yang juga bertindak sebagai salah satu narasumber dari tiga Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini. Beliau menyampaikan materi kebijakan pemerintah Kab. Mojokerto dalam pelayanan Kepemudaan. Narasumber Kedua Bp. Rizqy Harier Muiz, M. Psi. , seorang Psikolog yang juga wakil ketua PC. LKKNU Kabupaten Mojokerto menyampaikan Materi Psikologi Remaja terkait Terampil mengelola Diri , dan narasumber ketiga adalah ibu Hj. Isfaiyah, S.Ag, seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto yang juga Sekretaris PC. LKKNU Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini dipandu langsung oleh moderator yang sekaligus Ketua PC.LKKNU Kabupaten Mojokerto, Bpk. H. Moh. Asy’ari, M.Pd.I.

Kegiatan Bimbingan dan pembinaan pada Remaja ini adalah salah satu upaya untuk membekali para Remaja yang masih duduk di bangku sekolah agar para remaja meiliki konsep diri yang baik sebagai bekal menjalani hidupnya di masa mendatang dan tumbuh menjadi remaja / pemuda yang sehat baik fisik, mental, iman, dan juga akhlaqnya.

Kegiatan ini direncanakan akan diselenggarakan di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Mojokerto, dengan agenda BRUs ( Bimbingan Pranikah bagi remaja Usia sekolah ) dan BRUn (Bimbingan Pranikah Bagi remaja Usia Nikah).