Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Mojokerto Adakan Rukyatul Hilal Awal Bulan Syawal 1443 H di PP Al-Amin Mojokerto

PC LFNU Mojokerto, NU Online Mojokerto —

Memasuki awal bulan Syawal 1443 H, Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Mojokerto berencana akan melakukan Rukyatul Hilal. Kini, Rukyatul Hilal direncanakan bertempat di lantai lima gedung Pondok Pesantren Putri Al-Amin. Bertempat di Jalan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon, lokasi rukyatul hilal kali ini adalah terkategorikan lokasi baru untuk melaksanakan rukyatul hilal di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Lantai 5 gedung Pondok Pesantren Al-Amin Putri merupakan salah satu tempat di wilayah Jawa Timur yang berpotensi baik untuk melaksanakan proses rukyatul hilal. Hal ini dikarenakan lokasi lantai 5 Pondok Pesantren Al-Amin Putri ini di ketinggian 15 meter dari permukaan tanah, dimana di ketinggian tersebut perukyat (orang yang melakukan rulyatul hilal) dapat melihat ufuk barat antara 270 derajat sampai 320 derajat dengan jelas tanpa adanya gangguan pepohonan atau gedung tinggi, sehingga di waktu ghurub (ketika piringan matahari sudah terbenam atau tenggelam di ufuk barat yang ditandai dengan munculnya mega merah) dapat mengamati hilal dengan mudah.

Lokasi yang terletak di jantung Kota Mojokerto ini dirasa lebih memudahkan para perukyat dan kader Falak dalam meneropong nantinya. Pasalnya, akes kendaraan yang mudah dan juga lokasi yang termasuk lingkungan kompleks Pondok Pesantren dirasa akan lebih aman juga dari segi pengamanannya selama kegiatan rukyatul hilal berlangsung. Kondisi tempat yang luas juga mempermudah para perukyat dalam proses peneropongan, dengan posisi lintang tempat -7°29’18.3900” LU dan 112° 25’ 12.8’’ BT.

Syamsul Maarif, Ketua LFNU Kabupaten Mojokerto menuturkan awal mula menemukan lokasi ini cocok untuk lokasi rukyat ialah karena beliau juga mengajar ilmu falakiyah di Pondok Pesantren Al-Amin Putri ini

“saya tahu tempat ini berpotensi untuk dilakukan rukyat setelah saya mengajar ilmu falak kepada santri pondok ini setelah materi praktek rukyatul hilal. Saya rasa tempat ini bagus untuk rukyat. Setelah itu saya bersama tim LFNU Kabupaten Mojokerto mengobservasi dan dirasa teman-teman falakiyah juga bagus dan kami mencoba di awal bulan Syawal 1443 H nanti kami lembaga falakiyah NU dan para ahli falak akan melaksanakan rukyatul hilal di sini.” Ungkat Ketua LFNU Kabupaten Mojokerto.

 

Kontributor: Mohamed el-Hakeem

Editor: Etika Nurmaya

Related Posts

NU Online Mojokerto