LDNU Puri Gelar Bukber Bareng KAFA

Puri, NU Online Mojokerto –

Pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Puri menggelar acara Buka Bersama bareng KAFA bertempat di Gedung MWCNU Puri yang berlokasi di Jalan Raya Desa Mlaten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jumat, (15/04/2022).

Ketua LDNU Kecamatan Puri, H. Sutopo menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di samping sebagai sarana dakwah (pengajian) juga sebagai sarana mempererat silaturahmi jamaah dengan memanfaatkan dan mencari berkah di bulan Ramadan.

“Ya, pada momen Ramadan kali ini, pengajian KAFA (Kajian Fikih dan Aswaja) dilaksanakan menjelang berbuka puasa. Oleh karena itu pengiajian rutin ini dikemas dengan acara Buka Puasa bareng KAFA. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah di samping sebagai sarana dakwah juga sebagai sarana mempererat silaturahmi jamaah dengan memanfaatkan dan mencari berkah di bulan Ramadan.” Terang H. Sutopo.

Sebagai informasi, Kajian Fikih dan Aswaja (KAFA) adalah satu diantara program LDNU Kecamatan Puri lainnya yang didirikan baru tiga tahun lalu sejak tahun 2020 semenjak pandemi melanda negeri dan berjalan sampai sekarang. Pengajian dilaksanakan setiap hari via online (Voice Not-WhatsApp) dengan waktu yang telah ditentukan. Sedangkan tiap bulan sekali ada pertemuan tatap muka. Beberapa pemateri telah dijadwalkan untuk mengisi Majelis KAFA ini.

Pada momen Ramadan kali ini untuk materi disesuaikan dengan momen bulan Ramadan. “Untuk pengajian pada kesempatan Bukber bareng Kafa kali ini materinya disesuaikan dengan momen Ramadan. Untuk pertemuan kali ini tidak ada sesi tanya jawab karena memang waktunya terbatas.” Terang H. Sutopo.

Acara dimulai 16.00 WIB diawali pembacaan amaliyah NU (Istighosah) dan dilanjutkan pengajian. Pada kegiatan kali ini yang menjadi pengisi kajian -pengantar berbuka puasa- adalah Ustaz Miftakhul Ulum. Dalam materi kajiannya menjelaskan tentang empat orang yang dirindukan surga; (1) Orang yang suka membaca Al-Qur’an, (2) Suka memberikan makanan kepada orang yang sedang kelaparan, (3) orang yang bisa menjaga lisan, dan (4) Berpuasa di bulan Ramadan.

Sekitar 50 orang dari jamaah KAFA hadir mengikuti kegiatan ini. Tampak hadir Gus Akhmad Bukhori, pengasuh KAFA membersamai kegiatan ini. Kegiatan berjalan lancar dan selesai setelah buka bersama dan salat magrib berjamaah.

Kontributor: Fahrul – Puri

Related Posts

NU Online Mojokerto