Lailatul Ijtima’ MWCNU Bangsal, KH Nur Hasan Jelaskan 3 Hal Yang Bisa Meredam Murka Allah

Bangsal, NU Online Mojokerto –

Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Bangsal menggelar Lailatul Ijtima’ dengan tema Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan di Masjid Baitul Muttaqin, Ranting Gayam, pada hari Ahad 27 Maret 2022.

 

Lailatul Ijtima’ malam ini sungguh berbeda dengan yang sebelumnya, nampak hadir jama’ah dan jam’iyyah dari seluruh segmen masyarakat ranting mulai dari umur belasan sampai puluhan tahun yang memenuhi area masjid.

 

Jamaah yang hadir terlihat sangat antusias dalam mendengarkan pengajian kitab yang dibawakan oleh KH. Jamaluddin dari Sumberpandan. Beliau menyampaikan Bab Puasa dengan metode bahasa penyampaian yang mudah dimengerti oleh seluruh jama’ah serta diselingi sedikit candaan ala pesantren

 

Selain pengajian kitab yang dibawakan Oleh KH. Jamaluddin, Pengurus Ranting Gayam yang diketuai oleh Ustadz Suparno juga mengundang KH. Nur Hasan, S.Pd.I dari Trawas yang mana dengan gaya penyampaian khasnya, mauidhoh hasanah mendapatkan respon yang sangat aktif dari setiap jama’ah yang hadir.

 

Dimulai dengan pembukaan yang mengundang gelak tawa jama’ah. Beliau menjelaskan 3 hal yang bisa meredam murka Allah untuk seluruh manusia di bumi, dikutip dari hadits Qudsi yang diriwayatkan oleh Sahabat Anas dan dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

 

Pertama, yaitu orang yang meramaikan masjid, kedua, saling menyayangi sesama manusia, ketiga, orang yang merutinkan membaca istighfar mulai waktu sahur sampai shubuh.

 

Dari tiga hal tersebut, Beliau menekankan kepada seluruh jama’ah untuk mengamalkannya dengan sebaik-baiknya. “Tidak boleh meramaikan Masjid hanya sehari, seminggu, bahkan sebulan sekali kalo bisa setiap hari dengan melaksanakan kewajiban secara bersama,” tegasnya.

 

Selanjutnya Beliau juga mencontohkan untuk saling menyayangi sesama manusia, sama seperti halnya dengan terlaksananya Lailatul Ijtima’ ini. Terjalinnya kasih dan sayang antar sesama, manfaatnya bisa dirasakan oleh semua kalangan Nahdliyyin dan sekitarnya serta menghindari segala bentuk pikiran negatif.

 

Sebelum mengakhiri pemaparannya, beliau juga menjelaskan tentang banyaknya manfaat istighfar untuk kehidupan sehari-hari dan termasuk salah satu dari lima kunci kesuksesan itu dengan bacaan istighfar.

 

Acara kemudian ditutup dengan do’a yang dipimpin lansung oleh Mustasyar MWC NU Bangsal Drs. KH. Ishlahuddin, M.H.I.

 

Nampak hadir Ketua MWC NU Bangsal Drs. H. Lukman Hakim, M.Si. beserta jajarannya dan Jajaran Forkopimcam Kecamatan Bangsal.

 

Kontributor : LTN Bangsal

Related Posts

NU Online Mojokerto