Kyai Ismail Arif Ketua MUI Kecamatan Ngoro Pimpin D’oa Ruwah Dusun Sukorejo Desa Lolawang

Ngoro, NU Online Mojokerto – Memasuki bulan suci Ramadhan biasanya banyak warga melakukan sedekah desa maupun dusun terutama di bulan ruwah ini banyak tradisi atau budaya daerah yang menyelenggarakan kegiatan sedekah bumi atau sejenisnya.

 

Pada Jum’at (18/03/2022) Dusun Sukorejo, Desa Lolawang, Kecamatan Ngoro yang bertempat di halaman rumah kepala dusun H. Buadi mengadakan sedekah desa bertujuan kirim doa kepada leluhur mereka yang dulu telah berjuang untuk babat alas dusun tersebut.

 

Menurut Gus Nurul Huda tokoh agama setempat mengatakan acara ini rutin dilakukan setahun sekali ketika memasuki bulan ruwah atau sya’ban dengan tujuan kirim doa kepada nenek moyang atau leluhur yang sudah wafat supaya di alam kubur selalu mendapat maghfiroh dari Allah SWT.

 

Hal serupa dikatakan kepala dusun Sukorejo H. Buadi atau yang akrap di sapa dengan Pak Polo Buadi ini mengatakan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya yang dulu sudah di wariskan oleh nenek moyang kita ketika memasuki bulan ruwah selalu melaksanakan tradisi sedekah dusun atau kirim doa bersama.

 

“Kegiatan ini kita laksanakan 2 hari yang mana tadi malam kita buka dengan gebyar sholawat al banjari lalu pagi ini kita laksanakan dengan acara khotmil qur’an dengan mendatangkan para hufad dan kirap tumpeng keliling Dusun Sukorejo yang nanti malamnya akan ada acara wayang kulit bersama Ki Dalang Hadi. S dengan lakon bagong nagih janji yang rencananya akan di laksanakan semalam suntuk,” ujarnya.

 

“Semoga dengan acara ruwah dusun ini masyarakat semakin guyup dan semoga selalu di beri kesehatan dan keberkahan dalam mencari rizki untuk bekal hidup sehari hari,” harapnya.

 

Kontributor : Hasan-Ngoro

Related Posts

NU Online Mojokerto