Gandeng LFNU Kabupaten Mojokerto, MTs Unggulan Roudlotun Nasyiin Kemlagi Gelar Diklat Falakiyah

Kemlagi, NU Online Mojokerto — Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Roudlotun Nasyiin Berat Kulon Kecamatan Kemlagi mengadakan acara Diklat Falakiyah yang bertajub pengenalan dasar ilmu hisab, acara bertempat di Lantai 3 Aula MTs Unggulan, Selasa (1/3) pagi.

 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 250 peserta. Peserta merupakan siswa-siswi kelas 7 dan 8, dengan rincian 120 putra dan 180 putri. Acara yang dimulai pukul 09.00 pagi ini, dihadiri langsung oleh petinggi dan dhuriyah Pondok Pesantren Roudlotun Nasyiin.

 

Materi yang dikaji dalam diklat falakiyah ini ialah membuat kalender masehi sepanjang masa ala Kitab Durusul Falakiyah karya Kiai Maksum Bin Aly Seblak Jombang. Acara dipandu langsung oleh Gus Syamsul Ma’arif, sapaan akrab ketua LFNU Kabupaten Mojokerto, dilanjut dengan materi kedua yakni hisab weton dan hisab slametan orang meninggal hingga pukul 12.00 WIB.

 

Setelah dhuhur, dilanjutkan dengan materi teknis rukyatul hilal dengan menggunakan 2 alat yang dibawa oleh tim LFNU Kabupaten Mojokerto yakni teleskop dan gawang lokasi. Tepat di pukul 13.00 WIB acara dilanjutkan dengan ruqyah/pengobatan dengan ayat Al-Qur’an.

 

Tidak hanya itu, acara puncak dari kegiatan ini adalah rukyatul hilal bulan Sya’ban yang akan diagendakan pada Kamis (3/3) mendatang yang bertepatan dengan 29 Rojab 1443 H. Nantinya 250 siswa-siswi ini didampingi guru beserta tim LFNU Kabupaten Mojokerto menggunakan 5 armada dengan tujuan Goa Maharani, Pantai Delegan Gresik dan diakhiri acara puncak di Balai Rukyat NU Bukit Condrodipo Gresik. Sebagai tindak lanjut kegiatan, 250 peserta ini akan melakukan rukyat bersama dengan para ahli falak se-Jawa Timur.

 

Pewarta: Khakim A.

Related Posts

NU Online Mojokerto