Bentuk Kerukunan, 3 Perguruan Pecak Silat di Kecamatan Kemlagi Adakan Agenda Ramadhan Bersama

Kemlagi, NU Online Mojokerto –

Dilansir dari salah satu kader Pagar Nusa Kecamatan Kemlagi, yang turut hadir pada agenda Ramadhan kali ini berasal dari 3 perguruan silat yang terdiri dari Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), dan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti bertempat di Desa Berat Kulon Kecamatan Kemlagi, Sabtu (9/4).

Kader pesilat tersebut memaparkan, sebelumnya juga telah diadakan kegiatan latihan bersama dan gotong royong pemasangan baliho ucapan selamat beribadah puasa dan Idulfitri 1443 H.

Kegiatan semacam ini merupakan bentuk toleransi dan rasa kekeluargaan yang senantiasa harus ditanamkan pada setiap kader pesilat yang ada dimanapun berada,  khususnya di Kecamatan kemlagi. Selain itu, sebagai ungkapan rasa bahagia menyambut bulan suci ramadhan 1443 H serta bukti keharmonisan antar perguruan silat tersebut.

Pemasangan baliho berlambangkan Pagar Nusa, PSHT, dan IKSPI terpasang gagah di perempatan kawasan kompleks Pondok Pesantren Roudlotun Nasiin (RONAS). Rangkaian kegiatan dimulai dari gotong royong royong, pengarahan, dan kemudian dilanjutkan dengan latihan gabungan. Kegiatan berlangsung pada malam hari seusai ibadah sholat tarawih.

Tampak para pendekar silat dari ketiga perguruan ini saling mengakrabkan diri satu sama lain tanpa memandang perbedaan perguruan, semoga hal ini mampu menjadi gambaran bahwa Desa Berat Kulon merupakan Kampung Pesilat yang dekat dan santun terhadap masyarakat, agar suasana tetap kondusif sekaligus menjadi teladan di daerah – daerah yang lain.

Kontributor: LTN Kemlagi

Related Posts

NU Online Mojokerto