Fatayat NU Trowulan Tasyarufkan Zakat Fitrah di Masjid Khusnul Khotimah Pakis

Trowulan, NU Online Mojokerto – 

Lantunan ayat-ayat suci Al-qur’an oleh sahabat-sahabat Fatayat ranting Desa Pakis di Masjid Khusnul Khotimah telah terdengar sejak 07.00 WIB, Ahad (17/4). Selain itu, terdapat bungkusan zakat fitrah yang dihimpun dari seluruh ranting sekecamatan Trowulan sebanyak 205 zakat yang akan ditasyarufkan kepada 101 mustahiq zakat berupa beras dan uang sudah tertata rapi di teras masjid. Begitupun bazar yang menjual macam-macam cemilan sudah tergelar rapi di sisi kanan masjid.

 

Acara dihadiri oleh Kepala Desa Pakis, Ketua Ranting NU Desa Pakis, Ketua Ranting Fatayat sekecamatan Trowulan, seluruh pengurus PAC Fatayat NU Trowulan, dan perwakilan 3 anggota dari tiap ranting.

 

Sebagaimana kebiasaan di NU, acara diawali dengan pembukaan dengan surah Fatihah, dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Al-qur’an, dan penampilan regu koor asal ranting Pakis yang menyanyikan lagu kebangsaan, Mars dan hymne fatayat, dan Mars Syubbanul Wathon.

 

Kemudian acara berlanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh ketua ranting pakis, menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah ikut andil dalam suksesnya acara di pakis. Dan harapan atas terselenggaranya acara ini dapat menambah keimanan. “Semoga acara ini mampu menambah keimanan kita semua, aamiin” harapnya

 

Sahabat Masluhah, Ketua PAC Fatayat NU kecamatan Trowulan menyampaikan, rasa syukur atas terlaksananya program khotmil qur’an yang telah tertunda beberapa bulan karena pandemi. “Acara ini adalah hasil kolaborasi antara bidang dakwah, bidang sosial, dan bidang ekonomi,” tuturnya.

 

Beliau juga menyampaikan beberapa program PAC Fatayat NU Trowulan kedepan diantaranya kegiatan Harlah Fatayat NU ke-72, jadwal khotmil Qur’an selanjutnya, program rekreasi fatayat, pengurusan label halal gratis, halal bi halal, dan anjangsana ke para Bu Nyai sekitar Trowulan Mojokerto.

 

Bapak kepala Desa Pakis menyampaikan, bangga kepada para perempuan yang berani membela bangsanya setelah mendengar lantunan lagu Yaa Ahlal wathon. “Bila ingin menghancurkan suatu negara teko wong wedok, pingin negoro ngadek yo teko wong wedok,” ungkapnya.

 

Selain itu, beliau mengucapkan terima kasih telah dipercaya sebagai tuan rumah acara khotmil qur’an dan pentasyarufan zakat oleh fatayat. “Terima kasih ibu ketua,” pungkasnya.

 

Acara dilanjutkan dengan pentasyarufan zakat oleh ketua PAC Fatayat NU kecamatan Trowulan secara simbolis yang diwakili oleh mustahik zakat dari ranting desa Pakis sejumlah 7 orang.

 

Terakhir, kegiatan diisi dengan mauidhoh hasanah oleh Ning Hj Nurul Hidayah Alhafidz, beliau memotivasi para kader untuk berfikir lebih maju, memberdayakan Fatayat yang potensial dalam kepengurusan. “Manfaatkan Fatayat yang sudah sarjana untuk ikut andil dalam pengurusan agar bertambah maju seperti PAC-PAC lain,” tegasnya.

 

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam mustahik zakat, sabilillah diganti dengan sabililkhoir, dan juga mengimbau pada Fatayat untuk menghidupkan malam takbiran di musholla dan masjid agar takbiran tidak hanya diisi dengan DJ keliling.

 

Acara ditutup dengan pembagian zakat kepada masing-masing ketua ranting untuk disalurkan kepada mustahik zakat sebanyak 5 orang.

 

Kontributor: Masruroh – LTN Trowulan

Related Posts

NU Online Mojokerto