Apakah Keutamaan Lailatul Qadar Itu?

Ngoro, NU Online Mojokerto–

Keutamaan Lailatul qadar banyak sekali antara lain: malam Al-Qur’an, malam seribu bulan, malam keberkahan, malam kesejahteraan, malam ampunan.

Malam Al-Quran, yakni lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an. Sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al-Baqarah dan Al-Qadr.

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran…” (Q.S Al-Baqarah: 185)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1)

Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan, lailatul qadar lebih baik dari pada seribu bulan. Allah SWT berfirman:

Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr:2–3).

Banyak ulama berpendapat bahwa ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam lailatul qadar, akan dibalas dengan pahala yang sangat besar.

Malam Keberkahan. Yakni malam tersebut dipenuhi dengan berkah. Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5).

Malam Penuh Kesejahteraan, yakni malam yang penuh kesejahteraan dan kedamaian. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Qadr:

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5)

Para Malaikat Turun ke Bumi, yakni para malaikat dipimpin malaikat Jibril akan berbondong-bondong turun ke bumi. Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa. Allah SWT berfirman:

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4).

Malam Penuh Ampunan, pada malam itu, dosa umat muslim akan diampuni. Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Semoga kita diberi sehat wal ‘afiat, menjalankan puasa dan aktifitas ibadah dengan semangat, mendapat anugerah lailatul qadar yang penuh rahmat, agar ramadhan benar benarberkah dan manfaat, amiin yra.

Sumber :

*elmufid perumcinta

*Sie Publikasi JHQ Mojokerto

*Sekretaris MWC NU Kec Ngoro

Kontributor: Hasan-Ngoro

Related Posts

NU Online Mojokerto