Akselerasi Menuju Kaderisasi Ideal, PC IPNU IPPNU Kabupaten Mojokerto dan PK SMKI Baburohmah Gelar Seminar

Mojosari, NU Online Mojokerto – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Mojokerto dan Pimpinan Komisariat (PK) Sekolah Menengah Kejuruan Islam (SMKI) Baburrohmah menggelar seminar narkoba dan kenakalan remaja. Kegiatan tersebut dipusatkan di SMKI Baburohmah, Dusun Jurangsari, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (12/02/2022).

 

Seminar yang mengusung tema ‘Menakar Kriminalisasi Narkoba, Pelajar bisa Apa?’ ini diperuntukkan untuk beberapa sekolah-sekolah swasta di Kabupaten Mojokerto yang belum dan sudah terbentuk PK, diantaranya ada SMP dan SMKI Baburohmah, SMK Raden Rahmat, SMK Nasional, SMK Hasyim Asy’ari, SMK Pesantren Terpadu Dlanggu dan Ngoro, SMK Angkasa, dan SMK Kesehatan Mojosari.

 

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari jajaran Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mojokerto, Galih Candra Winata, S.H., M.H. yang merupakan penyidik BNN Kota Mojokerto. Dalam kesempatan tersebut, seluruh peserta mendapatkan penjelasan tentang apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba, ciri-ciri orang yang mengonsumsi narkoba, pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba serta rehabilitasi.

 

Sementara itu, Mita Mai Yutanti, Ketua PAC IPPNU Mojosari, menjelaskan bahwa seminar kali ini merupakan langkah penting untuk menguatkan PK IPNU IPPNU yang sudah terbentuk dan menjaring kader IPNU IPPNU di sekolah-sekolah Kecamatan Mojosari dan Kabupaten Mojokerto agar masuk IPNU IPPNU dan nantinya mereka dapat tergerak untuk mendirikan PK IPNU IPPNU di sekolah masing-masing.

 

Muhammad Althof Athoillah Koordinator Jaringan Sekolah dan Pesantren PC IPNU Kabupaten Mojokerto mengatakan seminar tersebut ditujukan sebagai barometer pengembangan kaderisasi di tingkat lembaga pendidikan.

 

“Tujuan diadakannya seminar adalah sebagai barometer pengembangan kaderisasi di tingkat lembaga pendidikan. Acaranya adalah penguatan organisasi di tingkat Pimpinan Komisariat. One Week One Komisariat itu sebenarnya sudah berjalan, tapi untuk pengembangannya baru perdana ini. Jadi, ini itu seperti RTL dari Kaderisasi,” terangnya.

 

Dia juga berharap semoga kegiatan pengembangan One Week One Komisariat senantiasa istiqomah tanpa harus ditawar, yang menyelenggarakan dari setiap komisariat harus istiqamah.

 

Kontributor  LTN NU Mojosari : Mila Agustin

Related Posts

NU Online Mojokerto