2 Minggu Sekali, Banser Husada Mojokerto Rutin Adakan Baksos di Ngaji Ahadan LDNU

2 Minggu Sekali, Banser Husada Mojokerto Rutin Adakan Baksos di Ngaji Ahadan LDNU

Jatirejo, NU Online Mojokerto – Banser Husada (Basada) merupakan satuan khusus yang bergerak dalam bidang kesehatan dengan memakai metode terapi dan herbal. Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mojokerto memberikan komando pada Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser untuk melaksanakan agenda Bakti Sosial (Baksos).

Kegiatan dilaksanakan 2 minggu sekali mulai pukul 07.00-13.00 WIB diantaranya Baksos yakni pelayanan kesehatan gratis seperti yang digelar oleh Kepala Satuan Khusus Unit (Kasatsus) Basada PC Kabupaten Mojokerto saat acara rutinan ngaji Ahadan PC Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Mojokerto, Ahad (02/01/2022).

Kegiatan ini dipusatkan di Masjid Al Azhar, Desa Dinoyo, Kecamatan Jatirejo. Personil yang diterjunkan ada puluhan orang.

Ketua Satuan Khusus Basada Mojokerto, Sabarudin menyampaikan, sebelum penanganan terapi pasien diwajibkan melakukan screening terlebih dahulu agar metode terapi bisa diterapkan sesuai keluhan pasien.

“Dalam terapi di Basada ini ada 42 pasien. Semua pasien tidak ada tarif biaya. Hanya sekedar infaq seikhlasnya,” katanya.

Menurutnya, selain baksos di LDNU, Basada juga adakan baksos bencana banjir di beberapa wilayah Kabupaten Mojokerto. Jenis layanan terapi ada bioelektrik (terapi listrik), bekam, totok wajah, pijat refleksi, timbangan berat badan.

“Ada juga pemeriksaan tensi darah, asam urat, gula darah, dan kolesterol. Kebanyakan pasien mengalami keluhan ringan, seperti capek-capek, asam urat, kolesterol, asam lambung, pusing, hipertensi. Jarang ada keluhan yang berat.” imbuhnya.

Sabarudin berharap, Basada tidak hanya bergerak dalam kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan oleh Ansor dan Banser. Basada kalau dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang lebih luas lagi agar semakin di cintai semua warga sehingga NU semakin jaya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) KH Abdul Adhim Alwi salah satu pasien mengaku sangat senang dan mengapresiasi dengan kegiatan Basada yang dengan istiqomah ikut mengawal LDNU.

“Karena dengan hadirnya Basada ini jama’ah ngaji Ahadan semakin semangat,” pungkasnya.

 

Kontributor: Yulia Novita Hanum

Editor: Afi