Peringati Hari Amal Bakti ke-76, Kankemenag Kabupaten Mojokerto Gelar Upacara hingga Do’a Bersama

Peringati Hari Amal Bakti ke-76, Kankemenag Kabupaten Mojokerto Gelar Upacara hingga Do’a Bersama

Mojokerto, NU Online – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Mojokerto melaksanakan kegiatan ‘Tasyakuran dan Do’a Bersama’ puncak Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke-76 tahun 2022, Senin (03/01/2022). Kegiatan ini diawali dengan upacara peringatan HAB secara luring di halaman kantor Kemenag setempat.

Dalam upacara yang digelar, kepala kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto H Barozi bertugas sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan pidato secara tertulis Menteri Agama RI. Setelah upacara dilanjutkan dengan do’a bersama dan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur.

H Barozi menyampaikan, dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag mampu mempertahankan prestasinya. Kemenag kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang di raih selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Kita semua memahami prestasi yang telah kita capai oleh Kemenag merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan seluruh anggota Kemenag juga saudara sekalian,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang selama ini telah mengambil peran yang strategis, mengabdi dengan tulus, dan menjaga martabat kehormatan serta kinerja Kemenag.

“Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi dan penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan 5 nilai budaya kerja Kemenag yaitu integritas, profesionalitas, inovasi dan tanggung jawab serta keteladanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku ASN Kemenag,” paparnya.

Dirinya percaya, apabila berpegang teguh pada itu semua pegawai ASN Kemenag akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi take land peringatan HAB ke 76 dengan tema ‘Transformasi Layanan Umat’akan dengan cepat dan mudah di lakukan.

“Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Penanggung jawab upacara bendera, Ama Noor Fikry mengungkapkan, pada upacara ini dihadiri kurang lebih 150 peserta. Dengan mengusung tema ‘Transformasi Layanan Umat’ di tahun 2022 ini, HAB ke 76 merupakan suatu bentuk layanan yang telah di berikan oleh Kemenag pada seluruh masyarakat pada umumnya.

Sehingga layanan-layanan yang kita harapkan bisa menjadi excellent service, layanan yg memuaskan bisa dirasakan oleh semua masyarakat pada umumnya,” ungkapnya saat ditemui.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah ini menjelaskan, tujuannya sebagai bentuk tonggak dalam rangka HAB bahwasannya Kemenag sudah memasuki usia 76 tahun dan berada di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, juga diakui oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi salah satu pilar dalam menopang keberadaan bangsa dan negara.

“Kedepannya tranformasi layanan umat ini bisa dirasakan oleh masyarakat pada umumnya di era industri 4.0. Kita bisa mengikuti perkembangan zaman baik dari digitalisasi, informasi, layanan dan juga terkait dengan masyarakat yang ada di Kemenag. Menjadi layanan yang menyenangkan, memuaskan, dan juga mudah untuk di rasakan,” pungkasnya.

 

Kontributor: Yulia Novita Hanum

Editor: Afi