Mengulas Perjuangan Panjang Pembangunan Graha NU Pacet

Pacet, NU Online Mojokerto – 

Graha NU Pacet adalah Kantor Kesekretariatan MWC NU dan Banom NU Kecamatan Pacet, yang saat ini aktif digunakan untuk berbagai kegiatan Nahdlatul Ulama Kecamatan Pacet. Di balik besarnya gedung Graha NU Pacet, ada cerita panjang dalam proses pembangunan nya.

Sesuai Informasi yang dihimpun oleh tim NU Online Mojokerto dari Bapak H Yusuf, S.Pd.I., yang merupakan saksi sejarah dan pelaku pembangunan Graha NU Pacet, menyampaikan bahwa inisiasi adanya kantor NU Pacet sudah ada saat MWC NU Pacet dibawah komando KH. Amir Syuhada dengan adanya tanah tak berpemilik yang dihibahkan untuk Kantor MWC NU Pacet. Saat itu sebelum adanya Graha NU Pacet, kantor kesekretariatan MWC NU dan Banom NU Kecamatan Pacet adalah Rumah dari ketua dan sekretaris.

Sampai akhirnya pada tahun 2001 ada bantuan pemerintah untuk pembangunan balai kesehatan yang di terima oleh MWC NU Pacet, yang kemudian dibangun diatas tanah hibah yang dimiliki MWC NU Pacet. Balai kesehatan yang telah dibangun, tidak berjalan lama, sehingga akhirnya bangunan balai kesehatan tersebut dimanfaatkan oleh MWC NU Pacet untuk kantor kesekretariatan.

Sampai pada tahun 2003, pada masa kepengurusan MWC NU Pacet dibawah Komando Drs. H. Nur Rochmad, M.M. pembangunan Graha NU Pacet kembali dirintis dengan mulai melakukan penggalangan dana dengan berbagai inovasi program.

Selanjutnya pada tahun 2006, pembangunan dimulai dengan pembangunan fondasi, dan pengecoran lantai 1, dan pembangunan tersebut dilanjutkan setiap tahun sedikit demi sedikit, hingga akhirnya pada tahun 2016 pembangunan lantai 3 Graha NU Pacet telah selesai.

Perjalanan panjang tersebut belum detail terhimpun oleh tim NU Online Mojokerto. Namun, ini adalah sedikit gambaran betapa panjang perjuangan pembangunan Graha NU Pacet yang saat ini menjadi pusat kegiatan Nahdlatul Ulama di Kecamatan Pacet.

Kontributor: Y. Sahril S., LTN Pacet

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto