Mengenang Jasa Ulama NU, Pelajar NU Dlanggu Gelar Ziarah

Dlanggu, NU Online Mojokerto — Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto melakukan Ziarah bersama pada Minggu (13/3/2022).

Kegiatan ziarah ini dilakukan untuk memperingati Harlah IPNU ke – 68 dan Harlah IPPNU ke – 67, yang telah berdiri sebagai suatu wadah organisasi keterpelajaran di bawah naungan Nahdlatul Ulama. Selain itu, ziarah ini juga dilakukan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 2022.

“Terlaksananya kegiatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan ulama juga menjadi pemicu bagi kami sebagai generasi penerus NU yang akan memperjuangkan organisasi khususnya IPNU IPPNU di PAC Dlanggu”, ujar rekan Gibul selaku Waka 3 Bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren.

Jajaran pengurus dari berbagai departemen juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, khususnya departemen organisasi, departemen kaderisasi, departemen jaringan sekolah dan pesantren serta departemen dakwah. InsyaAllah kedepannya bisa menjadi perspektif bagi para pemuda Dlanggu.

Kegiatan ziarah ini melibatkan kurang lebih 20 orang yang merupakan pengurus harian PAC IPNU IPPNU kecamatan Dlanggu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh rekan Alfian selaku Ketua PAC IPNU Dlanggu, rekanita Atik selaku Ketua PAC IPPNU Dlanggu serta jajaran pengurus lainnya yang turut hadir dalam kegiatan ziarah ini.

Ini salah satu bentuk aksi dari organisasi PAC IPNU IPPNU Dlanggu untuk mengajak anggotanya memiliki kesadaran pentingnya ziarah ke beberapa makam ulama yang telah berjuang mendirikan organisasi ini.

Telah disepakati bahwa sebelum berangkat para anggota berkumpul di halaman makam Mbah Taslim Dlanggu pada pukul 07.30 WIB kemudian rekan rekanita berziarah ke makan Mbah Taslim sebelum melanjutkan perjalanan.

Pada pukul 08.20 WIB melakukan perjalanan menuju makam Sayyid Jumadil Kubro Troloyo. Sesampainya di Troloyo, rombongan mampir ke warung untuk sarapan lalu sekitar pukul 09.55 WIB bergerak menuju makam.

Selanjutnya perjalanan menuju ke Makam Mbah Sayyid Sulaiman Mojoagung. Sebelum masuk ke makam, rombongan beristirahat sambil menunggu waktu Dhuhur untuk melakukan sholat. Setelah itu, sekitar pukul 12.10 WIB rombongan memasuki area makam.

Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju makam Mbah Sofyan Cholil Peterongan (Salah satu pendiri organisasi IPNU). Sampai di Peterongan pukul 13.45 WIB.

Tepat pukul 14.15 WIB kegiatan ziarah telah selesai dan sebelum pulang rombongan beristirahat di Taman Mojoagung dan melakukan sholat Ashar di masjid depan Taman sembari menunggu hujan reda.

Karena hujan sudah reda rombongan melakukan perjalanan pulang dan sampai di rumah masing-masing sebelum Maghrib dalam keadaan selamat.

Konstribusi : LTN NU Dlanggu

Related Posts

NU Online Mojokerto