Lestarikan Ilmu Falak, PC LFNU Kabupaten Mojokerto Adakan Falakiyah Goes To School

Sooko, NU Online Mojokerto — Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Mojokerto terus mengenalkan ilmu falak, kali ini LFNU bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al Amin Mojokerto mengadakan ‘Diklat Falakiyah’ yang bertema ‘Falakiyah Goes To School‘, Rabu (02/02).

 

Kegiatan yang dimotori langsung oleh ketua LFNU Kabupaten Mojokerto tersebut diadakan di pondok putra maupun putri. Lokasi pondok putra terletak di depan Kantor PCNU Kabupaten Mojokerto sedangkan pondok putri berada di Kompleks Pondok Al Khodijah Surodinawan Kota Mojokerto.

 

Kegiatan dimulai pukul 19.30 (setelah sholat isya). Pertemuan ini membahas mengenai keilmuan falakiyah yang bersumber dari kitab klasik maupun modern. Sumber kitab klasik berasal dari Durussul Falakiyah, Sulamunnayiren, Sulamul Qodriyah, dan lain-lain. Sedangkan dalam hal modern menggunakan metode buku ‘Emphimeri Hisab Rukyat Kemenag RI’ dengan materi hisab kalender hijriyah dan masehi, awal bulan hijriyah, hisab berbasis excel maupun vba, pengukuran kiblat, perakitan teleskop handmade dan yang terakhir dengan rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang.

 

Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Rabu untuk putri dan Jumat untuk putra dimulai sejak (27/04/2021) diadakan selama 10x pertemuan dengan diakhiri rukyatul hilal yang berpusat di Markas Balai Rukyat NU Tanjungkodok. Dengan jumlah peserta yang melebihi kuota ini, menunjukkan bahwa ilmu falakiyah banyak diminati oleh santri pondok pesantren.

Syamsul Ma’arif, S.H. ketua Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Mojokerto berharap, melalui kegiatan seperti ini mampu melestarikan ilmu falak. ‘’Semoga dari belajar ilmu falak, kita dapat melestarikan ilmu langit, yang kata orang-orang ini ilmu langka. Kalau tidak kita siapa lagi, dan kalau tidak sekarang kapan lagi. Semoga dengan kita belajar ilmu hisab kelak nanti di akhirat tidak dihisab.” harapnya.

 

Beliau juga memberi informasi bahwa di bulan Maret mendatang PC LFNU Kabupaten Mojokerto akan mengadakan ‘’Sinau Bareng Falak“. Kegiatan berpusat di Pondok Pesantren Segoro Agung Trowulan, rencananya dilaksanakan selama 2 hari. Acara ini terbuka untuk umum, syarat dan ketentuan berlaku.

Pewarta: Khakim A.

Related Posts

NU Online Mojokerto