Lembaga Falakiyah NU Mojokerto Adakan Sinau Bareng Ilmu Falak se-Nusantara

Trowulan, NU Online Mojokerto

Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Mojokerto kembali mengadakan kegiatan Ngaji Bareng Ilmu Falak se-Nusantara, Sabtu (5/3). Kegiatan rutin tahunan ini biasanya diagendakan sebelum datangnya bulan Ramadhan. 

Kegiatan berpusat di Pondok Pesantren Segoro Agung, Sentonorejo Trowulan. Antusias peserta yang tinggi, kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat dari wilayah Mojokerto saja, namun juga ada yang berasal dari Cianjur, Bandung, Pontianak bahkan dari Sorong, Papua. Selain masyarakat umum, kegiatan ini juga diikuti oleh penggiat falak dari kalangan mahasiswa, diantaranya UIN KH Ahmad Shiddiq (UINKHAS) Jember, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta dari organisasi astronomi dan kalangan pesantren. Dari kepanitiaan yang awalnya menargetkan hanya sekitar 50 peserta, tetapi di h-1 pelaksanaan peserta daftar mencapai 110 orang. Sebanyak 98 orang hadir di lokasi kegiatan, serta 12 peserta lainnya mengikuti via online melalui zoom meeting. 

Kegiatan ini adalah momentum yang langka, sehingga banyak pencinta dan ahli falak ikut dalam kegiatan ini.

Bayu Hermawan, S.M. mengatakan, acara ini sangat ramai, saya tidak mengira sebelumnya acara dapat sepopuler ini, dengan jumlah peserta yang melebihi kuota. “Semoga ilmu yang didapat para peserta dapat bermanfaat dan ditularkan untuk kebaikan umat, karena sebentar lagi bulan Ramadhan materi ini akan dapat membantu banyak masyarakat yang membutuhkan,” harapnya. 

Materi awal kegiatan ini ialah jadwal awal sholat yang diterangkan oleh Pak Nashor asal Kutorejo. Beliau mengupas 3 cara yang digunakan untuk membuat jadwal sholat, seperti dengan metode excel, VBA, dan userform mengunakan rujukan Kitab Emphimeris dan Kitab Tsimarul Murid serta kitab falak lainnya.

Pewarta: Khakim A. 

Related Posts

NU Online Mojokerto