Home / Warta

Senin, 25 Juli 2022 - 08:35 WIB

Lailatu Ijtima’, Camat Mojoanyar, “Warga NU Siap Siap Pasang Umbul Umbul””

Mojoanyar, NU Online Mojokerto
Setiap satu bulan sekali, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Mojoanyar rutin menyelenggarakan kegiatan lailatul ijtima’. Kegiatan tidak hanya berkumpul dan bersilaturrahim saja, juga disertakan sholat sunnah hajat, witir, sujud syukur, pembacaan sholawat, pengajian kitab, dan ceramah agama

Lailatul Ijtima bulan ini ditempatkan  di Masjid Nurul Huda Dusun Janti, Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto pada sabtu malam (23/07/22).

Ketua MWCNU, Ustadz Ali Khomsin mengatakan kegiatan lailatul ijtima’ ini diselenggarakan tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan sarana komunikasi antar badan otonom dan pengurus NU, juga ada penyampaian informasi oleh camat, serta MWCNU.
Ustadz Ali Khomsin mengiformasikan, “Terdapat program dari PCNU, bahwasanya rumah sakit sakinah meluncurkan program gundala. Program ini merupakan penyiapan mobil ambulan yang siap melayani antar jemput pasien yang akan berobat di rumah sakit Sakinah. Tinggal daftar melalui nomor yang tertera, mobil gundala siap melayani penjemputan secara gratis dengan syarat dan ketentuan.” terangnya.

Informasi lain mengenai tenaga pengajar guru Tempat Pengajian Al qur’an (TPQ), PCNU memberikan program terhadap guru TPQ yang berusia 45 tahun keatas akan memperoleh kartu BPJS Ketenaga kerjaan secara gratis, yang ingin mengurusnya bisa menghubungi MWCNU nanti akan diteruskan ke PCNU.

Baca Juga:  Sempat Vakum 1 Semester, SHOBAR NU Kembali Digaungkan

Camat Mojoanyar, H. Abdul malik dalam sambutannya mengingatkan kepada jamaah lailatul ijtima’ untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kesehatan, karena diwilayah Kabupaten Mojokerto ini masih di level 1 yang artinya semua kegiatan, ibadah boleh dilakukan seratus persen tanpa jarak namun tetap mematuhi protokol kesehatan.
“Kami menginformasikan bahwa laporan qurban tahun ini di wilayah mojoanyar 499 kambing dan 112 sapi disembelih waktu momen peringatan idul adha” terangnya.
“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya peternak hewan agar lebih menjaga kesehatan ternak serta rutin perawatan kandang, karena akhir-akhir ini marak terjangkit penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), tidak perlu khawatir berlebih karena PMK ini dapat disembuhkan, juga kematian ternah hanya lima persen. Untuk itu tetap waspada namun tidak khawatir berlebihan.” lanjut H. Abdul Malik.

Memasuki bulan Agustus minggu depan, ditanggal 1 Agustus masyarakat bisa memasang umbul-umbul maupun bendera merah putih sebagai bukti kecintaan kita terhadap NKRI, mari memperingati kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan positif.

Kami infokan, pemerintah Kecamatan Mojoanyar telah membentuk panitia PHBN dengan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah pawai gerak jalan yang dimulai start di desa Jumeneng hingga finish di kantor kecamatan mojoanyar, untuk itu kami berharap banom NU seperti Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU-IPPNU, Pagar nusa, serta warga NU untuk turut andil terselnggaranya acara ini.

Baca Juga:  Amankan Haul KH. Ahmad Qusyairi, Kasatkorcab Kerahkan 400 Banser

Diakhir, Ustadz Saiful Bahri selaku ketua LDNU Mojoanyar memberikan sambutan sekaligus pengajian kitab Qomiut tugyaan sarah su’bul iman karya monumental dari syech an nawawi al bantani memberikan penjelasan bab puji, bahwa pembagian puji/alhamdu dibagi menjadi 4 bagian, yakni yang pertama qudus ala qodim yang artinya pujinya makhluk kepada Allah, tidak ada kata lain selain memuji ketika kita sebagai makhluk-Nya menyaksikan kebesaran Allah yang terhampar luas di muka bumi ini,

Kedua yakni Qodim ala Qodim yang berarti Allah lah sebagai penguasa seluruh alam berhak memuji dirinya sendiri karena memang Dia lah yang pantas untuk melakukannya.

Yang ketiga adalah Qudus ala Qudus, pujian makhluk terhadap makhluk lainnya. Tanpa kita sadari ketika kita memuji orang lain pada hakikatnya kita memuji Allah SWT.

Dan yang terakhir adalah Qodim ala Qudus, pujinya Allah SWT terhadap makhluk-Nya, Allah juga memiliki kewenangan untuk memuji kepada makhluk-Nya.

Kontributor : Saiful

Share :

Baca Juga

Warta

Safari Ramadhan, Ranting NU Banjaragung Santuni 375 Yatim dan Dhuafa 

Warta

Tingkatkan Kualitas, BALANTAS Mojokerto Gelar Latihan Bareng PAC Trowulan

Warta

Usai Dilantik MWCNU Pungging Langsungkan Rapat Penyampaian Program Kerja

Warta

PP Miftahul Ulum Jaya Baru Akhiri Pengajian Rutin Ramadhan dengan Nyalakan Ribuan Kembang Api

Warta

Sambut Pergantian Tahun, PAC IPNU IPPNU Kemlagi Gelar Majelis Shalawat Kubro

Warta

Koordinasi PAC Muslimat NU Puri: Ada Program Itsbat Nikah, Silahkan Daftar di LKKNU Kab. Mojokerto

MWC NU

Perdana Lailatul Ijtima’, Ustaz Taufiq Jelaskan 3 Perkara Mudah Masuk Surga

Warta

Awal Tahun LTN NU Pacet Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kegiatan