Home / Warta

Selasa, 10 Mei 2022 - 11:24 WIB

Hadirkan Filosof Fakhruddin Faiz, Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Mojokerto Sukses Gelar Ngaji Filsafat

Photo by: Dokumentasi Pribadi LTNNU Kabupaten Mojokerto

Photo by: Dokumentasi Pribadi LTNNU Kabupaten Mojokerto

GP Ansor Kota Mojokerto, NU Online Mojokerto-

 

Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kota Mojokerto gelar Ngaji Filsafat (06/05/22). Dengan menghadirkan Dr. Fakhruddin Faiz M.Ag., ngaji flsafat mengangkat tema “Orang Jawa Nenek Moyang Kita.”

Dr. Fakhruddin Faiz merupakan tokoh filsuf kelahiran Mojokerto. Kini menjadi Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sosok intelektual muslim yang namanya viral menjadi motivator di media sosial.

Dalam kegiatan Ngaji Filsafat yang diselenggarakan di Pendopo Kalam Aksara Lampahan Kabupaten Mojokerto ini melibatkan kurang lebih 200 partisipan yang terdiri dari organisasi Gerakan Pemuda Ansor Pengurus Cabang Kota Mojokerto, kaum pelajar Mojokerto dan tentunya para penggemar Fakhruddin Faiz hadir di lokasi acara. Selain itu kegiatan Ngaji Filsafat ini juga mendapatkan pengawalan khusus dari Barisan Serbaguna atau yang lebih dikenal dengan Banser dari Kota Mojokerto turut mengamankan jalannya kegiatan ini.

Baca Juga:  Pawai Takbir Keliling Kolaborasi Nahdlatul Ulama dan Desa Bendunganjati

Dr Fahrudin Faiz bercerita panjang perihal hikmah mengenai orang Jawa , juga mengupas  problematika sehari-hari di zaman yang saat ini sedang marak banyaknya orang Jawa yang kehilangan asal-usulnya sebagai orang Jawa. Hal ini diutarakan oleh Fakhruddin Faiz untuk menyadarkan para jamaah yang ikut serta mengaji filsafat, mengingat karena forum dialog ini lebih menekankan untuk saling belajar dan berbagi kisah satu sama lain.

Baca Juga:  Akhirnya, KH. Yahya Cholil Staquf Ditetapkan Menjadi Ketua PBNU Periode 2021-2026

Dalam penyampaian materi, di satu moment Fakhruddin Faiz memberi pernyataan bahwa “Orang Jawa Itu nenek moyang kita maka dari itu jangan sampai jadi orang Jawa yang hilang Jawa nya.” Pernyataan tersebut dilontarkan kepada seluruh jamaah yang hadir, karena di zaman ini mulai banyak orang Jawa yang hilang akan asal-usulnya sebagai orang Jawa.

Selain bercerita perihal hikmah, Fakhruddin Faiz juga memberi motivasi-motivasi kepada jamaah yang turut hadir dalam kegiatan ngaji filsafat kali ini. Di penghujung acara moderator menyampaikan kesimpulan dari materi Ngaji Filsafat kemudian menutup acara.

 

Kontributor: Feri Dwi Sukamto

Editor: Etika Nurmaya

Share :

Baca Juga

Warta

RAPAT BERSEJARAH DI MOBIL KETUA OC MUKTAMAR KE-34 NU

GP Ansor NU

Kebakaran Rumah Banser Canggu, Gus Barra Lakukan Kunjungan Langsung Ke Lokasi Kejadian

Warta

Lesbumi MWCNU Jatirejo Hadirkan 20 Grup Sholawat

Warta

Resmi Ditutup, Kiai Marzuki Harap Jalinan Silaturahmi Tidak Berhenti di Safari Ramadhan

Warta

Lailatus Sholawat Ramaikan Malam Syi’ar Ramadhan PCNU Kabupaten Mojokerto

Warta

Ngaji Kader NU Mojosari, Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto : NU Butuh Kader Sat-set 

Warta

Tingkatkan Ketaqwaan dan Jaga Solidaritas, Ranting NU Ngabar Gelar Lailatul Ijtima’ dan Santunan Yatim Piatu

Warta

Fatayat NU Brayu Gelar Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama