Gas Ketaqwaan Rem Kemaksiatan: Buka Puasa PAC IPNU-IPPNU Jatirejo Bersama Warga Dusun Legundi Bleberan

Jatirejo, NU Online Mojokerto –

Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jatirejo adakan buka puasa bersama masyarakat Dusun Legundi Desa Bleberan Kecamatan Jatirejo (29/04/22). Kegiatan bertajuk “Gas Ketaqwaan Rem Kemaksiatan” ini berlangsung di halaman Masjid Baitul Ikhsan Dusun Legundi Desa Bleberan Kecamatan Jatirejo.

Kegiatan dimulai pukul 15.00 dengan terlebih dahulu tim kaderisasi IPNU-IPPNU Jatirejo melakukan pembentukan kepengurusan ranting Bleberan. Hal ini dilakukan guna melebarkan sayap organisasi di basis desa. Seluruh pelajar di Desa Bleberan dikumpulkan dan bersama-sama menentukan arah gerak organisasi.

Kegiatan berlanjut dengan prosesi ceremonial terlebih dahulu yakni dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan beberapa sambutan-sambutan. Salah satu sambutan disampaikan oleh Ta’mir Masjid Baitul Ikhsan, Bapak H. Moh. Yahya dengan memotivasi para pelajar sekaligus mengharapkan agar IPNU-IPPNU terus melanjutkan perjuangan, dengan begitu melanjutkan nafas peribadatan termasuk di wilayah basis.

Dilanjut dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Jatirejo, Bapak H. Ahmad Mansyur. Dalam tausiyahnya, Abah Mansyur, sapaan Akrab Ketua MWC NU tersebut menyampaikan perihal manfaat bagi orang yang berpuasa.

“Setidaknya ada tiga manfaat bagi orang yang berpuasa. Pertama, tubuhnya menjadi sehat. Kedua, menjadikan kita berperilaku jujur, disiplin, suka gotong royong dan berperilaku adil. Ketiga, menjadikan kita menjadi dermawan dan peduli terhadap orang lain.” Tutur Abah Mansyur.

Tausyiah ditutup dengan do’a yang dilantunkan oleh Abah Toni, selaku keluarga dari Pondok Pesantren Mojogeneng sekaligus senior IPNU Jatirejo.

Menjelang maghrib, tim PAC IPNU-IPPNU bertugas membagikan konsumsi kepada peserta tausiyah ramadhan dan buka puasa bersama ini. Konsumsi buka puasa bersama merupakan kontribusi sukarela dari warga Dusun Legundi yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan buka puasa bersama kali ini. Terhitung dari wadah konsumsi berupa kotak nasi sebanyak 200 yang berasal dari bapak kepala Dusun, dan konsumsi yang merupakan sumbangsih dari warga Dusun Legundi terutama hidangan-hidangan lainnya berasal dari keluarga Takmir Masjid Baitul Ikhsan.

Kegiatan berlanjut hingga memasuki waktu tarawih. Seluruh panitia melakukan jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih bersama warga. Sekaligus imam dan bilal tarawih merupakan perwakilan dari PAC IPNU yang ditunjuk untuk bertugas. Hingga menjelang pukul 21.00 panitia turut membersihkan lokasi kegiatan.

 

Pewarta: Etika Nurmaya

Related Posts

NU Online Mojokerto