Bekerja Sama Dengan LAZISNU Pacet, MI Hasyim Asyari Laksanakan Zakat Fitrah

Pacet, NU Online Mojokerto –

Bertempat di MI Hasyim Asyari Desa Petak Kecamatan Pacet Mojokerto, Jum’at (22/4), siswa-siswi MI Hasyim Asyari mengadakan pengumpulan serta pendistribusian zakat fitrah yang bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pacet.

Sebanyak 274 siswa siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 menunaikan kewajibanya yakni berzakat, dimana para siswa siswi membawa beras seberat 3 kilogram (sesuai takaran zakat pada umumnya).  Siswa siswi diajarkan niat secara bersama-sama, kemudian para panitia mengumpulkan dan mencampur beras menjadi satu dengan total 815,4 kilogram. MI Hasyim Asyari sendiri merupakan Unit Pengumpulan Zakat Infaq dan Sholaqoh (UPZIS) dari LAZISNU Pacet berdasarkan surat keputusan yang telah dibuat.

Bersama dengan LAZISNU, MI Hasyim Asyari mendistribusikan zakat kepada penerima (mustahiq) dengan rincian 722 kilogram beras kepada fakir miskin, 63 kilogram pada fisabilillah yang terdiri dari unsur MWCNU Pacet dan sebagainya, dan 30 kilogram kepada 10 amil zakat.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan siswa siswi nantinya akan memahami arti dari zakad itu sendiri, sebagai ibadah wajib yang harus dilaksanakan. Mengingat zakat juga termasuk bagian dari rukun islam yang ketiga.

Kontributor: Tanto Fatkhurrozi, LTN Pacet

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto