Antusias Tinggi, Safari Ramadhan MWCNU Pacet Sukses Digelar

Pacet, NU Online Mojokerto – 

Bulan Ramadan 1443 H merupakan momentum untuk menaburkan benih-benih kasing sayang antar umat. Peluang ini ditangkap baik oleh pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pacet untuk membuat program-program kemaslahatan umat. Salah satu wujudnya adalah program “Safari Ramadan” yang digelar serentak di masjid-masjid sekecamatan Pacet. Acara ini terselenggara dalam dua hari yaitu pada hari Ahad–Senin, 10–11 April 2022.

Safari Ramadan hari pertama diagendakan untuk bersilaturahmi ke 10 masjid. Masjid tersebut adalah Masjid Padusan, Cembor, Pandanarum, Ngeprih, Mojokembang, Bulakkunci, Kedungpeluk, Wiyu, Dukuh, dan Baraan. Sedangkan untuk hari kedua juga sama bersilaturahmi ke 10 masjid serentak, diantaranya Masjid Jlopo, Mligi, Ngemplak, Kemiri, Mungkut, Kembang, Sumberpiji, Sumberan, Berbendo Candiwatu, dan Al-Jihad Tanjung Sari.

Dalam proses terselenggaranya safari ini, anggota Banom dan lembaga NU juga turut meramaikan. Seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Pacet, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pacet, Fatayat Pacet, Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Pacet, Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia (Ishari) NU, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Lembaga Taklif wan Nasyr (LTN) Pacet dan lain sebagainya. Tujuan dari mereka meramaikan safari kali ini adalah untuk memperkenalkan keorganisasian NU kepada masyarakat serta sebagai sarana wujud dedikasi mereka terhadap kemaslahatan umat di Kecamatan Pacet.

Masyarakat yang mengikuti program Safari Ramadan mengaku sangat senang. Salah satunya adalah Bapak Camat Pacet, Agus Subiyakto. Beliau sangat mendukung program Safari Ramadan. “Saya mewakili pemerintah sangat mendukung program Safari Ramadan, dan juga kami siap berkolaborasi dengan NU untuk kebaikan umat.” tuturnya.

Selain itu ketua MWC NU, Bapak Agus Santoso mengapreasi penuh atas terselenggaranya Safari Ramadhan. “Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal sholeh dan insaallah MWC NU bisa menjadi berkah untuk seluruh umat.” harapnya.

Dalam kesempatan Safari Ramadan ini lembaga NU yaitu Lazisnu, menyosialisasikan program terbaru yaitu BMT (Baitul Maal wat Tamwil). Harapannya melalui program ini masyarakat bisa terbantu khususnya dalam masa pemulihan ekonomi pasca pandemi. Selain itu, mereka juga memberikan edukasi tentang zakat agar nanti ketika pelaksanaan bisa diaplikasikan sesuai hukum syara’ islam.

Selain kegiatan inti dari pusat MWCNU Pacet, Banom seperti IPNU-IPPNU juga memiliki Semarak Ramadhan eksklusif dimana agendanya sendiri berupa “Blusukan Ranting” yang sudah dimulai sejak awal Ramadan dengan puncaknya Gebyar Shalawat pada tanggal 29 April 2022. Kemudian PAC Fatayat Pacet tak kalah ikut andil dalam menyemarakkan Ramadhan salah satunya “One Week One Juz” dan partisipasi dalam rihlah ke masjid-masjid di Desa Pacet. Semua diwujudkan untuk menghidupkan amaliyah NU agar terjaga kelestariannya.

Kontributor : Riyan Fahmi

Related Posts

NU Online Mojokerto