Unjuk Solidaritas, PC GP. Ansor Kabupaten Mojokerto Kerahkan Banser Guna Kawal Misa Natal

Unjuk Solidaritas, PC GP. Ansor Kabupaten Mojokerto Kerahkan Banser Guna Kawal Misa Natal

Gedeg, NU Online Mojokerto – Anggota Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Mojokerto dikerahkan dalam rangka melakukan pengamanan kegiatan Misa Natal di tiga Gereja Katolik di wilayah Kabupaten Mojokerto pada Jum’at (24/12/2021).

 

Ketiga nama gereja yang dimaksud itu, di antaranya Gereja Katolik Jawi Wetan (GKJW) Induk Jemaat Sukorame, Kecamatan Jetis, Gereja Katolik Jawi Wetan Tumpak, Kecamatan Gedeg, dan Gereja Katolik Jawi Wetan Lengkong, Kecamatan Mojoanyar.

 

Turut hadir dalam proses pengawalan ini ialah Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto, yang juga merupakan Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP. Ansor) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Al Barra, Lc., M.Hum.

 

“Kedatangan saya di sini, pertama, selain sebagai Wakil Kepala Daerah, juga saya sebagai Ketua terpilih PC GP. Ansor Kabupaten Mojokerto,” ujarnya saat dijumpai Crew Media MWCNU Gedeg.

 

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan bahwa kedatangannya di tempat merupakan bentuk upayanya untuk memastikan bahwa seluruh anggota Banser yang dikerahkan telah menempati posnya masing-masing. Hal ini dilakukan, mengingat upaya pengawalan ini merupakan permintaan langsung dari pihak pengurus Gereja yang bersangkutan.

 

“Anggota kami diminta untuk menjaga Jemaat Gereja yang sedang melaksanakan Misa Natal pada malam hari ini. Sehingga, saya sebagai Ketua GP. Ansor, memastikan bahwa anggota saya sudah berada di pos-pos yang ditentukan, dan bisa memberikan keamanan pada ibadah Natal malam hari ini,” tuturnya.

 

Perlu diketahui, aksi pengawalan ini dilaksanakan, selain dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban perayaan Misa Natal di tiga Gereja Katolik wilayah Kabupaten Mojokerto yang berbeda, merawat hubungan kerja sama dengan pihak aparatur penegak hukum negara, yang dalam hal ini, Polri dan TNI, juga merupakan upaya untuk mengejawantahkan solidaritas kemanusiaan para anggota Banser terhadap Jemaat Gereja yang dilindungi.

 

Kontributor: LTN NU Kecamatan Gedeg