Home / MWC NU / Warta

Kamis, 6 Januari 2022 - 08:08 WIB

MWC NU Bangsal Gelar Cangkru’an Bareng di Anak Ranting

Bangsal, NU Online Mojokerto – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bangsal menggelar acara Cangkruan di Anak Ranting Semanggi, Ranting Salen pada Rabu (05/01).

Acara yang rutin digelar setiap bulan sekali tersebut dimulai sekitar pukul 19.30 WIB, yang pada bulan ini bertempat di Musholla Al Karim Dusun Semanggi RT 2 RW 3, Desa Salen, Kecamatan Bangsal.

Rangkaian acara dimulai dengan menghatamkan Al-Qur’an yang dipimpin langsung oleh Kiai Maschur Fadli, pembacaan tahlil, pembacaan Maulid Nabi, dan terakhir sebelum sesi penutupan diadakan forum diskusi Ke-NU-an beserta penyampaian dan penegasan program yang telah berjalan di MWCNU Bangsal yang sedang berjalan kepada Nahdliyyin atau warga yang hadir.

Baca Juga:  Kuatkan Ukhuwah Islamiyah, MWCNU Bangsal Adakan Safari Ramadhan

Forum diskusi dipimpin langsung oleh Gus Suhajis, beliau membuka sharing dengan bagaimana penguatan jama’ah dan jam’iyyah khususnya di Dusun Semanggi dan umumnya di Kecamatan Bangsal. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan lebih dalam lagi yang disampaikan langsung oleh Drs. H. Lukman Hakim sebagai Ketua MWC NU Bangsal.

Abah Lukman menyampaikan, pentingnya peran seluruh nahdliyyin dalam menjaga NKRI. Beliau juga menyampaikan pesan almarhum KH. Ahyat Chalimi bahwa jika seseorang mengaku bagian dari NU maka harus mau mengaji.

Kemudian Beliau juga menjelaskan meskipun nama forumnya cangkruan, tapi isi didalamnya tidak meninggalkan adat istiadat yang sudah berjalan, seperti ngaji, kirim do’a, dan pembacaan sholawat yang mana semua itu bertujuan untuk meningkatkan kemajuan jama’ah dan jamiyyah.

Baca Juga:  Rangkaian Acara Digelar Songsong Haul Sayyid Ghozi Al Ghozali

“Abah Yat berpesan kalo mengaku jamiyah NU ya harus mau mengaji, NU itu ngaji. Maka meskipun namanya forum cangkruan tapi isinya tidak meninggalkan mengaji, membaca sholawat. Setelah itu musyawarah bagaimana jamiyyah ini bisa berkembang dan menolak faham-faham diluar NU” terangnya.

Di forum diskusi tersebut, banyak mendapatkan respon positif dari para hadirin, salah satunya terselesaikan masalah perwakafan di Anak Ranting Semanggi. Acara tersebut berjalan dengan lancar hingga ditutup dengan do’a yang dipimpin Kiai Maschur.

Kontributor : LTN Bangsal

Share :

Baca Juga

Warta

Siapkan Presidium yang Kompeten, PAC IPNU-IPPNU Kemlagi Gelar Diklat Persidangan

Warta

Gelar TURING, Ikhtiar IPNU IPPNU Pacet Cetak Kader Berkualitas

Warta

PCNU Kabupaten Mojokerto Sembelih Lima Ekor Sapi

PAGAR NUSA

Perkuat Keorganisasian, PC PSNU PAGAR NUSA Kabupaten Mojokerto Lakukan Konsolidasi di Pacet

Warta

Songoan Rijalul Ansor Kecamatan Puri, Kades Balongmojo: Ini Adalah 4 Sehat 5 Sempurna Versi kami

Warta

Turba dan Silaturahmi PCNU Kab. Mojokerto di MWCNU Pungging

IPNU

CBP KPP Mojokerto Turut Terlibat PAM Pengamanan Bersama Relawan NU di Pacet

Warta

Sambut Gerhana Bulan Total, Takmir Masjid Baitul Muttaqin Kenanten Gelar Sholat Gerhana