Kuatkan Ukhuwah Islamiyah, MWCNU Bangsal Adakan Safari Ramadhan

Bangsal, NU Online Mojokerto –

Safari Ramadhan tim 4 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Bangsal hari pertama diadakan di Masjid At Taqwa Dusun Joyo Desa Mejoyo, Senin (11/4/22). Nampak hadir Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bangsal Gus Baharudin, Babinsa Kecamatan Bangsal yang juga sekretaris umum MWC NU Kecamatan Bangsal Gus Suhajis. Safari Ramadhan bertujuan untuk menguatkan ukhuwah islamiah dan juga sekaligus dalam rangka menguatkan program-program MWC NU Bangsal.

Acara safari Ramadhan diawali dengan sholat isya’ berjamaah dipimpin oleh Gus Baharudin selaku Kepala KUA Kecamatan Bangsal, kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah dan witir yang dipimpin oleh Romo KH. Khoirul Anam, dilanjutkan dengan acara ramah tamah sekaligus penyampaian program-program oleh Gus Suhajis selaku sekretaris umum MWC NU Bangsal. Adapun program program yang disampaikan antara lain yang pertama dari LDNU, program Lailatul Ijtima’ dan shodaqoh arwah.

Gus Suhajis berpesan kepada masyarakat setempat khususnya warga Mejoyo dan jama’ah yang hadir untuk terus menggalakkan syi’ar atau dakwah melalui Nahdlatul Ulama khususnya di ranting Mejoyo untuk menyampaikan kepada warga atau masyarakat bahwa Nahdlatul Ulama memiliki program Lailatul Ijtima’ dan do’a arwah.

Do’a arwah ini disampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat banyak berpartisipasi untuk mendukung terlaksananya program dan juga memberikan manfaat kepada shohibul musibah agar arwah yang telah dipanggil oleh Allah itu dikirimi Fathihah, dan dilaksanakan pada semua masjid seluruh wilayah Kecamatan Bangsal.

Lebih lanjut, Gus Suhajis menyampaikan program dari Lazisnu untuk penguatan koin NU, bahwa koin NU sampai saat ini masih berjalan hanya di 6 Ranting, karena itu diharapkan Ranting Mejoyo juga mampu menggerakkan koin NU.

Lazisnu juga menyampaikan program SK upzis di tiap-tiap masjid di wilayah kecamatan Bangsal. Oleh karena itu, Gus Suhajis menyampaikan agar ranting Mejoyo khususnya, segera menyampaikan daftar pengurus upzis yang ada di tiap ranting untuk disampaikan kepada Ketua Lazisnu Abah Shof Subkhan, dan untuk diteruskan ke PC NU Kabupaten Mojokerto agar diterbitkan SK-nya, program ini dimaksudkan agar nanti terutama di bulan Ramadhan ini pada saat penggalangan infaq dan shadaqah para ta’mir masjid tidak lagi berstatus sebagai panitia tetapi sudah berstatus sebagai Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh yang SK-nya segera diterbitkan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) melalui Lazisnu dan akan ditandatangani oleh H. Rofiuddin.

Selanjutnya adalah program perekonomian dimana Gus Suhajis menyampaikan, shodaqoh jelantah dan juga BMT Mojopahit yang baru baru ini sudah dibuka, diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi khususnya warga Desa Mejoyo untuk menabung, atau melakukan simpan pinjam di BMT Mojopahit yang sudah dibuka, kemudian Beliau juga menyampaikan untuk shodaqoh jelantah agar digalakkan dan dengan demikian berarti kesejahteraan warga masyarakat atau warga NU ranting Mejoyo bisa terangkat dengan adanya bidang perekonomian ini.

Kontributor : LTN Bangsal

Related Posts

NU Online Mojokerto